Terbang di Era New Normal, Travel Pass Menjadi Syarat Melancong?

oleh -
Ilustrasi

JALAJAHNUSAE.com – Regulasi bagi para pelancong yang ingin berpergian ke atau dari luar negeri segera dikeluarkan.

Travel pass atau tiket perjalanan berisi status kesehatan dan vaksinasi pelancong menjadi persyaratan mutlak yang harus dimiliki.

Beberapa negara pun sudah membicarakan rencana tersebut seiring dengan rencana dibukanya kembali gerbang pariwisata dalam era normal baru selama pandemi COVID-19.

Pekan lalu, misalnya, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) mengumumkan bahwa mereka sedang dalam tahap pengembangan akhir dari program IATA Travel Pass, berupa “paspor digital” dalam bentuk aplikasi.

Dalam aplikasi tersebut berisi informasi tentang hasil tes individu pelancong, bukti inokulasi (catatan: saat vaksin sudah tersedia), dan tautan ke salinan elektronik paspor mereka.

Nantinya wisatawan tinggal membuka aplikasi IATA Travel Pass untuk memastikan mereka memenuhi aturan untuk masuk perbatasan destinasi mereka.

Di perbatasan, turis diminta menunjukkan kode QR IATA Travel Pass miliknya. Setelah dipindai, data pelancong akan disebar ke pihak berwenang di destinasi setempat.

Penyortiran informasi IATA Travel Pass akan dilakukan dengan teknologi rantai-blok, yang berarti bahwa perangkat yang digunakan tidak akan menyimpan data pribadi pelancong.