Tips Beriwisata Saat Musim Banjir

oleh -
ilustrasi

JALAHNUSAE.com – Musim hujan tiba, haruskah absen traveling. Tidak juga. Kalian bisa melakukan perjalanan wisata seperti biasa. Hanya saja, ada beberapa yang harus diperhatikan karena traveling saat musim hujan sering dihadapkan pada situasi yang sulit.

Bisa saja datangnya banjir secara tiba-tiba, atau hal lainnya yang tak terduga. Seperti di Indonesia ada beberapa titik banjir, terutama di ibukota. Atau kalau kebetulan sedang berada  di Australia, negeri Kangguru  itu kini sedang dikepung api dan asap akibat kebakaran hutan.

Nah, seperti dilansir dari World Nomads, ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat banjir dan bagaimana memaksimalkan peluang untuk bertahan hidup.

Bukan hanya di Indonesia, beberapa tahun terakhir banjir juga melanda beberpa negara yang sering menjadi tujuan berwisata, seperti Brasil, Filipina dan Sri Langka.

Berikut tips menghadapi banjir yang dirangkum oleh pakar keamanan perjalanan dari World Nomads :

Mempersiapkan Diri Antisipasi Banjir

Kamu harus sudah menyiapkan peralatan darurat yang berisi pertolongan pertama, air, senter, makanan, obat-obatan, dan kontak darurat. Kamu harus mempersiapkan alat-alat tersebut walalupun daerahmu tidak masuk kawasan rawan banjir. Sebab perlatan tersebut juga berguna untuk kondisi darurat lain.

Lalu kamu dapat mempersiapkan dengan mengetahui ke mana harus pergi jika terjadi keadaan darurat.

Lihat geografi di sekitar tempat tinggalmu. Adakah dataran tinggi dan ketahui dari mana air akan datang. Sebuah analisis cepat bisa menjadi penting jika banjir datang.

Usahakan mengikuti perkembangan berita tentang daerah tempatmu menginap dan periksa situs web. Bicarakan dengan penduduk setempat, dan perhatikan radio atau TV.