Pemprov Jabar Bersama Uni Eropa Jalin Kerja Sama Pariwisata dan Pendidikan

oleh -
Pertemuan PJ Sekda Prov. Jabar Daud Achmad dengan Duta Besar (Dubes) Uni Eropa di Ruang Lokantara Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (4/11/19). (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menjalin kerja sama dengan Uni Eropa di bidang pariwisata dan pendidikan. Bentuk kerja sama itu pun dibahas dalam pertemuan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Daud Achmad dengan Courtesy Call European Union (EU) Ambassador/ Duta Besar (Dubes) Uni Eropa di Ruang Lokantara Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (4/11/19).

Kunjungan kehormatan Dubes Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket tersebut, bertujuan untuk menegaskan dukungan Uni Eropa bagi Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, termasuk pendidikan kepariwisataan. Selain itu, Vincent Piket sekaligus membalas undangan CEO & Ambassador Breakfast Meeting yang dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil 24 Oktober lalu.

Seperti disitat dari laman Humas Jabar, terdapat beberapa poin yang dihasilkan, diawali dengan perbincangan potensi kerja sama lebih lanjut berbagai bentuk program bantuan pinjaman untuk sektor energi, lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan terutama bagi Jabar.

Dibahas pula, Uni Eropa telah bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk pendidikan kepariwisataan sebagai wujud dukungan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata.

Terkait hal itu, Daud mengusulkan agar Kampus Unpad di Pangandaran bisa dioptimalkan sebagai laboratorium kerja sama tersebut. Seperti diketahui, Pemprov Jabar tengah merevitalisasi Pantai Barat dan Timur Pangandaran dalam upaya mewujudkan Kabupaten Pangandaran sebagai Kabupaten Wisata.