Pariwisata Halal Makin Menjanjikan, Tumbuh 5 Persen Per Tahun

oleh -
Banten dan Jawa Barat telah memasukkan permohonan untuk menjadi zona industri halal di Indonesia. Harapannya, provinsi lain bisa mengikuti kemajuan yang dilakukan kedua provinsi ini. (Foto:Ist)

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Dunia mulai melirik pariwisata halal sebagai potensi yang menjanjikan. Jika sebelumnya halal hanya berurusan dengan ibadah,  namun kini sudah menjadi bagian gaya hidup sehat.

Industri pariwisata halal pun mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Menurut laporan Ekonomi Islam Global 2019-2020, pertumbuhan industri halal meningkat 5 persen per tahun.

Diperkirakan, warga muslim dunia telah mengkonsumsi USD 2,2 triliun untuk gaya hidup halal dan akan mencapai USD 3,2 triliun di tahun 2024.

Nominal industri halal itu tumbuh dari berbagai sektor. Yakni, makanan halal, fashion muslim, media dan rekreasi, pariwisata halal, farmasi halal, dan kosmetik halal.

“Pengeluaran muslim untuk makanan halal bernilai USD 1,4 triliun di 2018 dan diperkirakan mencapai USD 2 triliun di tahun 2024, sedangkan pengeluaran muslim untuk pariwisata halal bernilai USD 189 miliar di tahun 2018 dan diperkirakan bernilai USD 274 miliar di tahun 2024,” kata Staf Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi, Ina H. Krisnamurthi.