Dulu Vietnam Belajar Dari Indonesia,Sekarang Berhasil Mengungguli

oleh -
Menara Bendera Lũng Cú yang terletak di distrik Dong Van,Provinsi Ha Giang,Vietnam. Monumen ini terdiri dari menara setinggi 30 meter di puncak Lũng Cú Peak. Foto:IG-@vietnamtourismboard

JALAJAHNUSAE.com – Dulu, Vietnam banyak belajar dari Indonesia. Kini Vietnam punya banyak keunggulan dalam menarik investasi mulai dari lahan gratis, perizinan yang cepat, stabilitas politik, produktivitas tenaga kerja, hingga terbuka dengan perdagangan bebas.

Bagaimana dengan Indonesia sekarang? Ya, sekarang semangatnya sama, pemerintah sedang fokus pemerintah untuk memperluas perdagangan bebas dengan negara lain.

Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Husen Maulana mengatakan keunggulan Vietnam dibanding Indonesia dalam menggaet investasi ialah karena negara ini memiliki banyak kerja sama perdagangan bebas (free trade agreement) dengan negara maju.

Misalnya saja, beberapa bulan lalu, Vietnam sudah meneken FTA dengan Uni Eropa, sedangkan Indonesia masih tahap pembahasan alot.

Dengan demikian investor di Vietnam diuntungkan saat menjual barang ke luar negeri alias ekspor.

Baca Juga: Kenapa Indonesia Keok Di Bidang Investasi,Ini Kata Pelaku Industri

Mereka tak perlu membayar bea masuk di negara tujuan ekspor sehingga produk bisa berdaya saing.

“Vietnam punya banyak FTA, mungkin salah satu pertimbangan kenapa mereka ke sana, karena punya banyak FTA negara maju. Ada keuntungan yang diperoleh perusahaan itu di Vietnam pastinya tarif menjual produk ekspor bisa 0%,” katanya Kamis (5/9/2019) seperti dikutip dari detikcom.