Kenapa Pesawat Lebih Aman Corona Dibanding Kapal Pesiar,Ini Penyebabnya

oleh -
Belasan pekerja perawatan kesehatan dari Atlanta naik pesawat pada hari Jumat lalu dalam sebuah misi untuk membantu rekan-rekan mereka di New York di pusat penyebaran virus coronavirus AS. Foto:IG-@southwestair

JALAJAHNUSAE.com – Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa penularan virus corona di kapal pesiar lebih rentan dibanding dengan moda transportasi udara (pesawat).

Melansir CNN, kuncinya ada pada filter khusus dalam pesawat modern yaitu HEPA. Penggunaan filter tersebut sama miripnya dengan yang digunakan di ruang operasi rumah sakit.

Udara dalam kabin merupakan campuran resirkulasi dan udara segar dari luar.

“Meskipun kepadatan penumpang sangat tinggi, udara dari sistem ventilasi sangat bersih.” kata seorang profesor mekanik teknik di Universitas Purdue Indiana, Qingyan Chen seperti dikutip CNN.

Chen menyebut filter HEPA mampu memblokir partikel dengan diameter 0,3 mikron atau lebih besar, dengan efisiensi 99 persen atau lebih tinggi.

Namun, peneliti penyebaran partikel udara dalam kendaraan penumpang itu berpendapat tidak semua udara di dalam kabin bersih.

Hal ini dikarenakan jika seseorang batuk, bersin, berbicara, dan lainnya dapat mentransmisikan ke penumpang terdekat sebelum ditangkap filter HEPA.