Tiongkok Tertarik Investasi Sea Plane di Bali

oleh -
Salah satu pesawat sedang mendarat di Virgin Islands. Tiongkok tertarik untuk melakukan investasi di jasa tranportasi Sea Plane di Bali. Foto:IG-@ ga_network

JALAJAHNUSAE.com – Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tertarik untuk berinvestasi di jasa transportasi Sea Plane (angkutan udara yang mampu lepas landas dan mendarat di atas air) di Bali. Sea Plane ini nantinya akan membawa para turis untuk menjelajahi spot-spot wisata di Bali dan sekitarnya.

Ketertarikan pihak RRT tersebut disampaikan  Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Bali IB Agung Partha Adnyana yang baru-baru ini mendampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat  melakukan perjalanan ke RRT.

“Tinggal kesiapan kita saja. Apakah regulasi untuk itu sudah memungkinkan karena untuk bandara seperti ini mungkin ada pengecualian ya,” kata Agung Partha Adnyana  ketika dihubungi Jalajahnusae.com,Rabu (04/12/2019).

Menurut Gus Agung–begitu sering disapa, Tiongkok sangat tertarik bisa bekerjasama dalam pengadaan bandara Sea Plane untuk melayani kalangan turis kelas menengah atas (high end). Namun untuk di Bali sendiri peraturan untuk itu belum ada.

“Kami akan berkoordinasi dengan departemen perhubungan, bagaimana nanti regulasinya. Karena Sea Plane  ini sangat prospektif dalam menggaet turis high end tadi, yang menginginkan kecepatan untuk bisa menjangkau beberapa destinasi. Katakanlah nanti dari airport ke Kepulauan Nusa Dua, jarak tempuh bisa lebih singkat. Mungkin hanya 5 menit saja,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, kunjungan kerja pemerintah Provinsi Bali ke Tiongkok adalah upaya untuk   mempererat hubungan baik antara Bali-Indonesia-RRT sekaligus mempromosikan Pulau Dewata sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Cina.

Wagub yang didampingi stakeholder pariwisata Bali ini, mengunjungi dua kota yakni Beijing dan Hangzhou, Provinsi Zhejiang pada 27 hingga 30 November 2019.

Dalam kesempatan itu Cok Ace juga menghadiri pembukaan Workshop China Wedding di Hotel Marriot Beijing Northeast.