Dukung Wisata Budaya, Kementerian PUPR Tata Kawasan Keraton Mangkunegaran

oleh -
Keraton Mangkunegaran, Surakarta. (Foto KemenPUPR)

JALAJAHNUSAE.com – Untuk mendukung pariwisata budaya di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2018 telah menyelesaikan Penataan Bangunan Strategis Kawasan Keraton Mangkunegaran.

Seperti dilansir laman pu.go.id, penataan bangunan cagar budaya tersebut dilakukan karena beberapa bangunannya sudah terlihat rapuh termakan usia.

“Konsep revitalisasi disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan Pemerintah Daerah,” papar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Kemen PUPR menata ulang Bangunan Strategis Kawasan Keraton Mangkunegaran meliputi penataan Lapangan Pamedan, revitalisasi Kawasan Panti Putro, dan beberapa bangunan lain yang mengalami kerusakan. Penataan kawasan seluas 26.918 meter persegi ini dilakukan menggunakan dana APBN sebesar Rp 24,5 miliar.

Manfaat dari penataan ini, di samping mengembalikan keutuhan bangunan gedung cagar budaya, Kawasan Keraton Mangkunegaran juga menjadi tampak lebih rapi dan bersih.