Tinggal Jalur Kereta Banjar-Pangandaran Ditunggu Realisasinya

oleh -
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai melakukan reaktivasi jalur kereta di wilayah Jawa Barat. Salah satu yang baru saja diuji coba adalah jalur Cibatu-Garut. Foto: dok PT KAI

JALAJAHNUSAEom – Kapan reaktivasi jalur kereta api Banjar- Pangandaran,Jawa Barat dimulai. Pertanyaan ini banyak ditunggu masyarakat. Tidak saja bagi para wisatawan yang ingin berlibur di pantai Pangandaran,tetapi juga para pebisnis. Terutama yang bergerak di sektor pariwisata.

“Cuma dengan jalur kereta api, jarak tempuh Bandung-Pangandaran bisa lebih cepat. Mungkin hanya 3 jaman,” kata Ella, owner Bumi Nusantara Hotel Pangandaran,Jumat (4/10/2019).

Menurut Ella, infrastruktur transportasi masih menjadi kendala dalam pengembangan pariwisata di Pangandaran. Selama ini perjalanan dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi dinilai masih cukup lama yakni 11 jam lebih.

Dengan adanya transportasi kereta api maka jarak tempuh yang panjang tersebut bisa dipersingkat. Dan ini akan menjadi salah satu daya tarik orang untuk berwisata ke Pangandaran.

“Selama ini rute kereta api yang ada baru sampai Banjar. Jika memang akan dilanjutkan ke Pangandaran, saya usulkan agar kereta yang digunakan dari Banjar ke Pangandaran adalah kereta wisata. Kereta zaman dulu yang dipakai Belanda,” kata Ella.

Reaktivasi jalur kereta di wilayah Jawa Barat saat ini memang sedang gencar dilaksanakan pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata.

Yang baru saja di-launching,misalnya, yakni pengaktifan kembali rel kereta api Cibatu-Wanaraja-Garut  oleh PT KAI. Uji coba Lokomotif seri CC 201 dari Stasiun Cibatu hingga Wanaraja mendapat sambutan hangat masyarakat.