5 Aplikasi Cerdas untuk Menghemat Traveling

oleh -
Foto:IG-@sandra_opara

Terkadang kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari tiket pesawat. Memilih tempat menginap (hotel) yang sesuai anggaran. Apalagi bagi yang menyukai perjalanan lintas negara, problem ini sering menghantui kita.

Untungnya sekarang ada beberapa aplikasi perjalanan yang dapat membantu menghemat beberapa rupiah. Berikut 5 aplikasi smartphone yang bisa membantu untuk melakukan perjalanan hemat.

Skiplagged

Aplikasi ini berfungsi mencari tiket transit lebih murah. Misalnya, Anda ingin terbang dari San Francisco ke Washington, DC. Tiket pulang pergi reguler akan berharga $ 340, tetapi rute dari San Francisco ke New York, dengan singgah di DC, adalah $ 140. Anda cukup berjalan dari pesawat di DC. Maskapai telah berusaha keras untuk menghentikannya (United menggugat Skiplagged pada 2018, dan kalah). Skiplagged menyarankan untuk tidak mengikat pembelian ke akun frequent flier, karena maskapai penerbangan bisa membatalkan penerbangan Anda.

Hopper

Ada beberapa aplikasi yang menganalisis data tiket pesawat historis untuk menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat Anda.

Beberapa di antaranya disajikan dengan rapi dan penuh fitur seperti Hopper. Fitur-fitur seperti pemberitahuan ketika tiket pesawat untuk rute tertentu turun, saran prediksi harga yang memberi Anda ide kapan waktu yang tepat untuk membeli, dan opsi untuk tanggal yang lebih fleksibel. Tinggal tentukan tunjuan Anda, Hopper akan menampilkan kalender untuk tahun yang akan datang, dengan tanggal kode warna yang menunjukkan kapan harga di titik terendah

Tripcoin

Cara terbaik untuk menghemat perjalanan adalah bagaimana kita bisa mengatur keuangan. Tripcoin adalah aplikasi pelacakan pengeluaran yang bekerja secara offline, yang sangat bagus untuk pelancong internasional yang tidak membeli kartu SIM lokal. Fitur geo-lokasi memecah pengeluaran berdasarkan negara, dan konverter mata uang secara otomatis mengkonversi pengeluaran baru ke dalam mata uang lokal Anda. Grafik yang membantu juga menguraikan pengeluaran harian, dan Anda dapat membuat perjalanan tanpa batas untuk melacak berapa biaya setiap perjalanan.

Hotel Tonight

Hotel Tonight memungkinkan wisatawan untuk mengatur akomodasi menit terakhir, untuk mendapatkan harga lebih rendah daripada jika  memesan di muka. Pemesanan menit terakhir ini sering kali mendapatkan diskon besar. Fitur ‘Transaksi Harian’ juga bisa mendapatan hotel yang harganya lebih murah yang harus dipesan dalam 15 menit. Aplikasi ini dapat menghemat paket akomodasi.

AirHelp

Koper yang hilang dan penerbangan yang tertunda atau dibatalkan bisa menjadi pengalaman yang mahal, tetapi banyak pelancong yang memenuhi syarat untuk mendapat kompensasi ketika terjadi kesalahan. Namun, sering kali ada lusinan rintangan untuk dilewati – formulir untuk diisi, nomor telepon untuk dihubungi dan antrean untuk menunggu. AirHelp menangani sebagian besar proses: Anda menambahkan detail perjalanan Anda, AirHelp menentukan apakah maskapai penerbangan berutang kepada Anda uang, dan kemudian mereka mengirimi Anda uang.

(adh/lonely planet)