Lampu Gentur Khas Cianjur Mencuri Perhatian AHY dan Annisa Pohan

by -
Lampu gentur
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi sang istri Annisa Pohan menunjukan salah satu lampu khas Cianjur saat mengunjungi Kampung Gentur, Cianjur, Jawa Barat, Kamis 3 Mei 2021. Foto: IG-@agusyudhoyono

CIANJUR, Jalajahnusae.com – Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak saja dikenal dengan pemandangan dan kulinernya. Kota ini juga memiliki daya pikat dalam hal industri kreatif, buatan tangan-tangan pengrajin (handmade).

Salah satunya adalah Lampu Gentur yang berada di kampung Gentur, Desa Jambudipa, Kecamatan Warung Kondang.

Lentera cantik khas Cianjur ini pun banyak dipesan para konsumen dari kawasan Asia dan negara-negara Timur Tengah, Eropa seperti Yunani, Bulgaria, dan Amerika Serikat.

Keunikan lampu gentur ini pula yang membawa langkah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sang istri Annisa Pohan, Kamis 3 Mei 2021 mengunjungi Kampung Gentur untuk melihat langsung proses pembuatannya oleh para pengarijin.

“Lampu Gentur ini sangat unik dan sudah banyak dipesan dari luar kota dan bahkan sampai luar negeri. Lampunya berwarna-warni, dan ada juga yang berwarna keemasan seperti tempat terrarium. Menarik sekali,” kata AHY sebagai dikutip Jalajahnusae.com dari akun resminya.

Dalam kesempatan tersebut, AHY berkesempatan untuk berdialog dan berdiskusi langsung dengan para pengrajin Lentera khas Gentur, yang merupakan produk khas dari UMKM Kabupaten Cianjur.

Dalam dialog, para pengrajin seperti Asep dan Duduy mengaku masih memiliki banyak kendala, utamanya soal pemasaran produknya, apalagi di masa pandemi ini.

Foto:IG-@agusyudhoyono

“Saya menyampaikan bahwa mereka-mereka ini perlu diberikan pendampingan dan juga akses permodalan yang lebih baik, serta yang paling penting adalah strategi pemasarannya. Karena hasilnya bagus dan tidak kalah bersaing dengan kualitas impor,” paparnya.

AHY dan Annisa pun tak bisa menyembunyikan keterpesonaan melihat keindahan Lampu Gentur. Ada satu yang berwarna biru menarik perhatian mereka berdua.

“Kami langsung membeli Lampu Gentur berwarna biru untuk bisa dipasang di kantor DPP Partai Demokrat nanti,” tutup AHY.

Sebagaimana diketahui Kampung Gentur memang sudah tersohor sebagai pusat kerajikan lentera atau lampu hias sejak dulu.