Kemenparekraf Akan Gelar Festival Kuliner di Selandia Baru

by -
Ilustrasi. Seorang chef sedang menyajikan hidangan kuliner. Sumber foto Pixabay

Jalajahnusae.com – Menyusul kabar perkembangan dunia kuliner Indonesia yang ditandai dengan mulai menjamurnya restoran nusantara di Selndia Baru, pemerintah mengajak kolaborasi dengan mengadakan festival.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak para pelaku kuliner di Selandia Baru untuk berkolaborasi dengan membuat program guna mempromosikan pariwisata Indonesia. Salah satunya yakni dengan menggelar festival kuliner nusantara di Selandia Baru.

Nantinya, festival kuliner tersebut akan diselenggarakan secara virtual dan tatap muka. Rencananya acara tersebut akan digelar dalam waktu dekat.

“Dalam jangka waktu dekat ini, sambil menunggu tahun 2022, yang mungkin event substansial kita bisa konsepkan event, seperti food festival secara hybrid, virtual,” kata Sandiaga, dilansir Jalajahnusae dari liputan6, Jumat, 04 Juni 2021.

Sandiaga bahkan telah merencanakan rangkaian acara festival tersebut. Nantinya baik dirinya maupun Dubes Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya akan mencicipi kuliner yang disajikan. Selain itu, akan kemenparekraf dan pelaku kuliner di Selandia Baru akan saling tukar hidangan.

“Kita undang tiga ribu orang, universitas-universitas, baik yang di sana atau di Indonesia. Jadi pentahelixnya dapat, dan bisa membangkitkan semangat,” kata Sandiaga.

Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu, mengatakan bahwa pelaku usaha kuliner Indonesia di Selandia Baru akan diikutsertakan dalam program Masak Bersama Master Secara Online (MASAMO), dan  kegiatan Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDAKAN).

“Kita bisa kaitkan dengan program MASAMO masak bersama master yang selama ini kita mengawal di daerah destinasi pariwisata super prioritas, kita akan go master chef Indonesia ke sana. Lalu, juga bisa coba kegiatan BEDAKAN, dan meminta para desainer dari Asosiasi Desain Indonesia untuk membuatkan desain kemasan yang ada informasi wisata Indonesia untuk pelaku kuliner di Selandia Baru,” kata Yuke. (*/JAV)