Wisata Bali Dibuka Untuk Wisman, Kecuali dari India

by -
Wisata Bali
Ilustrasi Wisata Bali. Foto:Pixabay

BALI, Jalajahnusae.com – Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memutuskan untuk menutup akses penerbangan dari India menuju Indonesia.

Namun, pembukaan Travel Corridor Arrangement di Bali yang rencananya berlaku Juni-Juli masih tetap sesuai rencana.

Dalam virtual Weekly Press Briefing, Sandiaga mengatakan bahwa penutupan akses penerbangan dari India merupakan upaya pencegahan penularan virus Covid-19 varian baru.

“Ini langkah antisipatif kita dan kita sudah berkoordinasi dan menyampaikan pesan yang jelas bahwa ini langkah yang sangat-sangat dibutuhkan agar kita tidak membuka peluang potensi risiko penularan COVID-19 terutama dengan varian baru,” kata Sandiaga, dilansir Jalajahnusae.com dari viva.co.id, Senin (3/5/2021).

Seiring pembukaan border wisata Bali, pihaknya mengaku terus melakukan monitoring pelaksanaan agar sesuai standar.

Sementara, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, R. Kurleni Ukar menjelaskan bahwa dalam pembukaan Travel Corridor Arrangement nanti dijalankan dengan sangat saksama.

“Kita semua berjuang agar target tercapai tapi kita selalu berpendapat bahwa pembukaan itu berbasis fakta dan data. Jadi kita monitoring apakah itu sudah memungkinkan apa tidak, jadi kita ingin gegabah untuk membuka border jika kita tidak siap,” kata Ukar.

Dirinya juga menyebut pentingnya kesiapan pemerintah daerah dan pelaku usaha agar tak terjadi penularan.

“Yang paling penting adalah kesiapan industri dan pemda sendiri bagaimana mengatur nanti wisatawan yang datang ke daerah bisa pertama tidak membawa COVID-19 dan tidak terkena COVID-19 di Indonesia,” lanjut Ukar. (JAV)