Pemkab Rejang Lebong Telah Bangun 21 Desa Wisata

by -
Rejang Lebong
Salah satu desa wisata di Rejang Lebong, Bengkulu. (Foto: Antara)

BENGKULU, Jalajahnusae.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu terus berupaya meningkatkan pemulihan ekonomi pariwisata.

Hingga saat ini, pihaknya telah membangun sekitar 21 desa wisata yang tersebar di beberapa kecamatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Achmed Chalid mengatakan, pembangunan desa wisata tersebut agar membantu pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata.

“Sampai dengan tahun ini jumlah desa wisata yang sudah didirikan sebanyak 21 desa, pembentukannya dimulai sejak 2019 lalu,” kata Chalid, dilansir Jalajahnusae dari Antara, Senin (3/5/2021).

Pihaknya juga menyebutkan bahwa pembangunan desa wisata ini berdasarkan SK Bupati Rejang Lebong. Pembangunan dilakukan bertahap dalam setiap tahunnya.

21 desa tersebut dibentuk secara bertahap. Pada awal 2019, di antaranya empat desa dari Kecamatan Bermani Ulu yakni Desa Babakan Baru, Desa Air Bening, Desa Pal Delapan dan Desa Sumberrejo Transad. Pada pertengahan 2019, pembentukan desa wisata dilakukan di delapan daerah.

“Untuk tahun 2021 ini desa wisata yang ditetapkan ada lima desa tiga diantara berada di Kecamatan Bermani Ulu yang meliputi Desa Kampung Sajad, Desa Barumanis dan Desa Sentral Baru. Kemudian dua desa lainnya berasal dari Kecamatan Selupu Rejang yaitu Desa Cawang Lama dan Desa Mojorejo,” kata Chalid.

Ia berharap, nantinya desa wisata di Rejang Lebong bisa digunakan oleh masyarakat untuk sarana edukasi dan rekreasi, sarana pengembangan seni dan budaya.

Lalu tak kalah penting, diharapkan juga bisa menjadi pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kerakyatan di Kabupaten Rejang Lebong. (JAV)