Ilmuwan Top Dunia Sarankan Tetap Menggunakan Masker

oleh -
Untuk menegakkan jarak sosial, para pejabat di Kota Las Vegas,Amerika Serikat mengecat kotak-kotak putih yang terpisah enam kaki di sebuah lapangan terbuka agar orang bisa tidur. Sebelumnya seorang tuna wisma didapati terpapar Covid-19. Foto:IG-@coronavirus.update

JALAJAHNUSAE.com – Penyebaran virus corona (Covid-19) ternyata tidak hanya disebabkan oleh penularan melalui batuk atau bersin yang diderita pasien positif. Tetapi bisa melalui pernapasan normal.

Oleh sebab ity, seorang ilmuwan top AS Anthony Fauci pada Jumat (3/4/2020) merekomendasikan agar setiap orang memakai topeng.

Pasalnya, korban akibat virus corona di sejumlah negara belakangan ini semakin banyak. Fauci yang juga kepala penyakit menular di National Institutes of Health, mengatakan karena kesimpulan tersebut panduan tentang masker akan diubah.

“Ya karena beberapa informasi baru-baru ini menunjukkan  virus itu sebenarnya dapat menyebar bahkan ketika orang hanya berbicara, bukan batuk dan bersin,” katanya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (4/4/2020).

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah berhati-hati dalam mengambil kesimpulan soal virus corona dengan mengatakan potensi penularan virus corona di udara hanya diketahui terjadi selama perawatan medis tertentu.