Donald Trump Minta Warganya Pakai Masker,Dirinya Tidak

oleh -
Presiden Amerika Donald Trump. Foto:IG-@groovewasted

JALAJAHNUSAE.com – Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara yang paling ketat dalam menerapkan demokrasi. Meski bahaya “kematian” sudah berada diujung, rakyatlah yang menentukan bagaimana harus mengambil sikap.

Seperti dalam menghadapi kasus wabah virus corona, pemerintah negara adidaya tersebut memilih mengeluarkan kebijakan lunak.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa pemerintah merekomendasikan agar warga AS menggunakan masker saat keluar rumah. Imbauan itu guna untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Trump menyerukan rekomendasi tersebut saat jumpa pers di Gedung Putih, Jumat (3/4) waktu setempat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mendesak orang untuk mengenakan masker, seperti syal. Namun tetap menjaga masker medis tetap tersedia gratis untuk petugas kesehatan.

“Ini akan benar-benar hal yang sukarela,” ucap Trump di mana dia juga menggarisbawahi kata sukarela seperti dilansir AFP, Sabtu (4/4/2020).

Trump mengatakan tidak ada paksaan terhadap imbauan untuk mengenakan masker itu. Namun untuk mereka yang akan menggunakan masker dipersilakan.

“Kamu tidak harus melakukan dan aku memilih untuk tidak melakukannya. Tetapi beberapa orang mungkin ingin melakukannya dan tidak apa-apa,” sambungnya.

Menurut data John Hopkins CSSE pada Jumat (3/4/2020) pukul 09.20 WIB,jumlah tertinggi virus corona COVID-19 terdapat di Amerika Serikat dengan 244.678 kasus.

Negara kedua dengan coronavirus terbanyak adalah Italia dengan 115.242 kasus dan ketiga Spanyol dengan 112.065 kasus.

Total kematian di seluruh dunia hingga pagi ini mencapai 52.973. Italia memiliki kematian tertinggi dengan jumlah 13.915.

Berikut video pergerakan Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia, Amerika kini menduduki rating teratas :

(adh)