Tren Anak Muda Medan, Berendam Air Panas Tengah Malam

oleh -
Pemuda di Kota Medan kini memiliki tren baru yakni berendam di air panas pada tengah malam. Foto:IG-@emi_bcl

JALAJAHNUSAE.com – Entah dari mana asalnya, berendam air panas tengah malam di Sidebuk-Debuk,Kota Medan,Sumatera Utara kini menjadi tren di  kalangan pemuda. Aktivitas semacam itu pun sekarang kain ramai.

Padahal lokasi pemandian air panas ini berada di Kabupaten Karo yang harus ditempuh lebih kurang 60 Km dari Kota Medan.

Pemandian air panas Sidebuk-Debuk tepat berada di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Tanah Karo.

Biasanya, sejumlah pemuda yang datang dari Medan berkunjung ke Sidebuk-Debuk larut malam.

Mereka datang dengan berkelompok baik dengan teman teman komunitas motor ataupun menggunakan mobil.

Kawasan pemandian air panas Sidebuk-Debuk memang menyimpan daya tarik luar biasa bagi generasi muda yang berjiwa bebas dan tertantang.

Lokasi Sidebuk-Debuk yang berada di kaki Gunung Sibayak memberikan eksotisme tersendiri.

Bahkan kandidat Calon Wakil Presiden pada Pilpres tahun lalu,Sandiaga Uno pun sempat ikut berendam ria di kawasan objek wisata ini.

Pada umumnya, di antara muda mudi yang berkunjung ke Sidebuk-Debuk rata-rata memulai perjalanan Pukul 21.00 WIB – 23.00 WIB.

Salah seorang pengunjung mengaku meski tak bisa mendefinisikan alasannya, namun berkunjung ke Sidebuk-Debuk malam hari sudah menjadi tradisi.

“Kalau saya, udah biasa sama teman-teman kemari. Rutin dua bulan sekali. Gak ada alasannya juga, yang penting pas teman teman galau, kosong pikiran dan waktu pada malam hari, kita kemari,” katanya, sembari menikmati air panas untuk menyehatkan kulit.

Alex, warga Jalan Utama, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan juga mengaku mandi air panas ke Sidebuk-Debuk malam hari sekadar melepas candu saat masa remaja.

“Di sini untuk menyehatkan kulit. Cuma gak melulu untuk memperbaiki kulit. Ya, kalau lagi enak, ada waktu luang kita kemari sama teman teman,” ujarnya.

Bagi mereka, berkunjung ke Sidebuk-Debuk malam hari adalah alternatif wisata malam yang ada di Kota Medan. Mandi air panas di sini pada malam hari lebih terasa nikmat dilakukan bersama teman teman.

Sebagaimana diketahui, di Kawasan Sidebuk-Debuk, banyak spot kolam air panas yang dikelola oleh warga di beberapa tempat terpisah.

Adapun untuk tiket masuk tergantung dari penyedia kolam, yang mana rata rata mematok biaya per orang sebesar Rp 5.000. Tentu harga tiket masuk ini sangat terjangkau, sehingga banyak pemandaian yang penuh ketika memasuki akhir pekan.

(adh/tbn)