Tiket Masuk Labuan Bajo Rp 14 Juta Per Orang, Aah No Problem Boss…

oleh -
Pemerintah berencana ingin mengubah cluster Pulau Komodo,Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi super premium. Perubahan ini pun akan berpengaruh terhadap tiket masuk kawasan. Foto: Ist

Berbeda dengan para naturalis guide, wacana perubahan kelas destinasi di Pulau Komodo tersebut telah membuat mereka was-was.Maklum saja, wacana tersebut belum diiringin dengan detail atau grand design seperti apa.

Kegaulan itu dirasakan Hamnor, salah satu naturalis guide di Pulau Komodo yang berasal dari Desa Komodo yang selama ini bertugas memandu wisatawan di Pulau Komodo.

Hamnor yang baru-baru ini  ikut mendampingi Menparekraf Wishnutama saat kunjungan ke Pulau Komodo sudah 10 tahun menjadi naturalis guide.

Hamnor, sebelah kiri dari Menparekraf Wishnutama sudah 10 tahun lebih menjadi naturalis guide. Foto: dok kemenparekraf

“Wacana kenaikan tiket masuk Pulau Komodo sebesar USD 1.000 atau sekitar Rp 14 juta saja sudah membuat wisatawan dalam negeri dan turis mancanegara was-was. Begitu pula dengan wacana wisata super premium yang belum diinformasikan jelas bagaimana detailnya,” terang Hamnor.

Hamnor menjelaskan, ada perbedaan antara liburan wisatawan dalam negeri dan turis mancanegara ke Labuan Bajo.

Wisatawan dalam negeri biasanya melakukan pembayaran di tempat, tapi kalau turis bayar di muka dulu baru datang setahun setelahnya.

“Turis itu biasanya pembayaran Down Payment (DP) alias pembayaran muka tahun ini. Lalu, mereka akan datang dan sekaligus melunasi pembayarannya di tahun depan. Tipikal turis itu, mereka merencanakan perjalanan dengan matang,” paparnya.