Singapura Mulai Izinkan Pendatang Masuk Tanpa Syarat Karantina

oleh -
Ilustrasi. Kota Singapura

JALAJAHNUSAE.com – Pemerintah Singapura menetapkan pelonggaran aturan perjalanan yang terbaru. Kini, pendatang atau turis, khususnya dari Tiongkok dan negara bagian Victoria di Australia diizinkan memasuki negara tersebut tanpa syarat karantina.

Peraturan baru ini akan diberlakukan pada Jumat depan, 6 November 2020. Namun, syarat yang harus dipenuhi adalah jika pendatang lulus tes Covid-19 pada saat kedatangan.

Seperti dilansir The Straits Times, Jumat (30/10/2020), langkah Singapura untuk membuka perbatasannya secara sepihak ke dua tempat ini berarti wisatawan dan pelancong yang terbang masuk dapat melanjutkan aktivitas mereka tanpa karantina, asalkan uji PCR (polymerase chain reaction) menunjukkan negatif.

Hal yang sama juga berlaku bagi warga negara Singapura, penduduk tetap, dan pemegang izin jangka panjang yang kembali dari dua wilayah ini.

Singapura sebelumnya telah mengumumkan tindakan sepihak serupa untuk semua bentuk perjalanan dari Brunei, Selandia Baru, Vietnam, dan semua bagian lain Australia kecuali Victoria, yang memang memiliki lebih banyak kasus daripada bagian lain negara itu.

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan pada Kamis, 29 Oktober 2020, bahwa daratan Tiongkok dan Victoria telah ditambahkan ke daftar.