Triawan Munaf “Urang Bandung” Yang Masuk Menteri Pariwisata Reshuffle Kabinet Jokowi?

oleh -
Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Triawan Munaf. foto: dok pribadi

JALAJAHNUSAE.com – Sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewacanakan perubahan (reshuffle) di kementerian untuk mendongkrak kinerja kabinet, berbagai figur kini pun mengemuka.

Ada beberapa tokoh baru yang bakal masuk kabinet di akhir masa kepimpinan Jokowi. Salah satu isu yang santer berhembus adalah Komisaris Garuda Indonesia, Triawan Munaf.

Nama Triawan masuk dalam deretan menteri kabinet reshuffle yang kini  beredar di grup-grup whatsapp.

Triawan Munaf sendiri baru genap 6 bulan menduduki posisi Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB),yang berlangsung pada 22 Januari 2020.

Menteri BUMN Erick Thohir menilai Triawan adalah  figur terbaik yang untuk mengelola flight carrier, Garuda Indonesia.

Pengangkatan Triawan Munaf diharapkan mampu memberikan masukan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu.

Lantas seperti apa kiprahnya?

Sebelumnya sosok Triawan Munaf merupakan mantan Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang saat ini digabung dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ia diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Bekraf pada 26 Januari 2015.

Di lembaga baru yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden itu, Triawan memiliki banyak tanggung jawab terkait keberlangsungan ekonomi kemasyarakatan yang berbasis pada seni, budaya, dan kreativitas.

Ia bersama 6 Deputi Bekraf membawahi 16 sub sektor yang terdiri dari: aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.