Kunjungan Kerja ke Aceh, Sandiaga Bahas Pengembangan Wisata Singkil

by -
Ilustrasi. Masjid Banda Aceh. Foto: Pixabay

ACEH, Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Dalam agenda tersebut, Sandiaga membahas tentang pengembangan pariwisata aceh.

Salah satunya investasi dari salah satu perusahaan Uni Emirat Arab, Murban Energy Ltd dengan nilai sekitar US$ 500 juta atau sekitar Rp7 triliun.

Komitmen tersebut ditandatangani dalam Letter of Intent antara Pemerintah Aceh dengan Murban Energy di sela-sela kegiatan forum bisnis “Indonesia-Emirates Amazing Week (IEAW) 2021” bulan Maret lalu.

Pengembangan pariwisata tersebut rencananya akan terfokus di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

“Setelah ini akan kita lakukan rapat lanjutan dengan kementerian dan lembaga terkait,” kata Sandiaga, dilansir Jalajahnusae dari validnews, Senin (03/5/2021).

Sandi menjelaskan tentang potensi ekonomi kreatif yang dimiliki daerah tersebut. Sehingga perlu adanya pengembangan.

“Aceh ini punya beberapa produk kreatif unggulan seperti batik dan juga Kopi. Ini akan kita pasarkan dengan taraf dunia untuk membangkitkan dan memulihkan ekonomi serta membuka peluang kerja,” kata Sandiaga.

Dirinya melanjutkan bahwa dalam pengembangan tersebut akan diberlakukan pula aturan protokol kesehatan agar masyarakat merasa aman dan nyaman.

Mendukung penuh keputusan menteri, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatu yang dperlukan oleh pihak investor, misalkan tanah hibah milik pemprov.

“Seperti misalnya hibah lahan milik pemprov dihibahkan ke pemerintah pusat dan juga perizinan yang jadi kewenangan kita ini sudah kita lakukan” pungkas Nova. (*/JAV)