Pelatih Timnas Pulang Ke Korea,Sempat Dilarang Ketua PSSI

oleh -
Pelatih Tim Nasional,Shin Tae Yong. Foto:IG-@garudaa_indonesia

JALAJAHNUSAE.com – Keinginan pelatih tim nasional (timnas) Shin Tae Yong pulang ke kampung halamannya,Korea Selatan sulit dibendung. Maklum, selama di Indonesia praktis tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan pasca munculnya kebijakan social distancing.

Sementara itu Ketua PSSI sempat melarang Shin Tae Yong pulang dengan pertimbangan keamanan. Apalagi di Korea Selatan saat ini juga sedang berjangkit wabah virus corona(Covid-19) yang cukup mematikan.

Rencanya Shin Tae Yong akan kembali ke Korsel Jumat (3/4/2020) mala mini bersama para asistennya diantaranya; Kim Hae Won,Lee Jae Hong dan Gong Oh Kyun.

“Rencananya malam ini coach Shin dan asisten pelatih pulang ke Korea. Semuanya ikut pulang,” kata asisten pelatih, Nova Arianto sebagaimana dilansir cnnindonesia, Jumat (3/4) sore.

Nova menambahkan belum tahu pasti sampai kapan Shin Tae Yong dan empat asistennya berada di Korea Selatan.

“Sampai kapannya (Shin Tae Yong berada di Korea Selatan) masih belum ada kepastian. Sambil menunggu situasi di sini (Indonesia) membaik,” ungkap Nova.

Kepulangan Shin Tae Yong ke Korea Selatan dipilih lantaran vakum aktivitas sepak bola di Indonesia setelah wabah Covid-19 melanda.

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 disetop sementara, begitu juga dengan jadwal pemusatan latihan Timnas Indonesia di berbagai level usia.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri mengatakan belum mengetahui perihal rencana kepulangan Shin Tae Yong ke Korea Selatan.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule sempat melarang Shin Tae Yong pulang ke Korea Selatan.

Larangan itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan Shin Tae Yong dari paparan virus corona yang juga mewabah di Korea Selatan.

Shin Tae Yong resmi menjadi Manajer Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019 lalu. Meski begitu, ia baru mulai fokus menjalankan tugas pada 6 Januari 2020.

Belum genap dua bulan bekerja, ia dipaksa untuk dirumahkan lantaran mewabahnya virus corona di Indonesia.

Sejumlah program dan agenda Timnas Indonesia senior maupun U-19 pun dibatalkan untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

(adh/cnn)