Amerika Belum Yakin Data Pandemi di China Akurat

oleh -
Presiden Amerika Donald Trump melirik patung Liberty dari balik jendela pesawat kepresidenan,belum lama ini. TRump mengaku tak percaya terhadap data virus corona yang disampaikan China. Foto:IG-@thetrumpphenomenon

JALAJAHNUSAE.com – Negara adidaya Amerika Serikat masih belum nyakin terhadap laporan China terkait data pandemi corona.

Presiden Donald Trump, meragukan keakuratan data dari China terkait wabah virus corona (Covid-19), setelah anggota Kongres AS menyebutkan beberapa laporan intelijen yang menunjukkan indikasi Negeri Tirai Bambu seakan menutupi data.

“Bagaimana kita tahu jika (data) mereka (China) akurat, jumlahnya tampaknya sedikit berada di sisi terang,” kata Trump, dilansir dari AFP, Jumat (3/4).

Meski begitu, Trump menegaskan hubungan AS dengan China masih tetap baik. Dia juga mengaku tetap dekat dengan Presiden China, Xi Jinping.

Kontroversi terkait transparansi data China oleh AS serta prasangka yang dipicu oleh teori konspirasi di China, bahwa militer AS yang harus disalahkan atas munculnya virus corona, terlihat memperburuk hubungan kedua negara.