Wishnutama Janjikan Promosikan Hotel dan Restoran di Luar Negeri, Ini Syaratnya

oleh -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Rakernas 1 ASITA di Grand Sunshine Hotel di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (01/12/2020). (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengajak Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) menjadikan situasi pandemi corona sebagai momentum kebangkitan.

“Saya ingin, kita coba memanfaatkan tekanan pada pandemi saat ini sebagai momentum buat pariwisata kita berubah menjadi lebih baik daripada sebelumnya,” kata Wishnutama saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ASITA yang berlangsung di Grand Sunshine Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (01/12/2020).

Menurut Wishnutama, penyiapan ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan cepat beradaptasi  merupakan kunci utama untuk menghadapi tantangan kedepan.

Oleh sebab itu,  dibutuhkan kolaborasi dari seluruh unsur yang terdiri dari pemerintah masyarakat akademisi dan pelaku usaha di pariwisata.

Pemukulan gendang menandai dibukanya Rakernas 1 ASITA Tahun 2020, Selasa (01/12/2020). (Foto:Adhi)

“Setiap unsur berperan penting dalam menciptakan sistem yang positif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Hal ini, bisa dilakukan melalui pertukaran informasi pemberdayaan dan pengembangan SDM,” katanya.

Kementerian Pariwisata,lanjut Wishnutama, telah mempersiapkan strategi kepariwisataan  kedepan dari quantity tourism menuju quality tourism.

In tourism,  bukan berarti kita membangun pencakar langit dan lain sebagainya, tapi bagaimana kita bisa menciptakan pengalaman yang unik dan sangat berkesan. Tentu perlu juga dukungan berbagai macam infrastruktur konektivitas  untuk menunjang ke arah sana,” tandasnya.