Bus Wisata Gratis Bagi Wisatawan, Cukup Lewat Aplikasi Online

oleh -
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyediakan bus gratis bagi wisatawan yang berkunjung di destinasi. (foto: ilustrasi/pixabay)

BANYUWANGI, Jalajahnusae.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur punya cara sendiri agar kunjungan wisatawan meningkat. Salah satunya dengan menyediakan transportasi gratis bagi wisatawan yang ingin mengunjungi beberapa destinasi.

Pada libur panjang lalu, bus ini pun mulai mengantarkan para pengunjung menikmtai rute wisata yang ada di Banyuwangi.

Wisatawan bisa  mengeksplore keindahan ujung timur Pulau Jawa itu. Angkutan wisata gratis ini melayani  rute menuju Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan TN Baluran.

Spot-spot tadi  merupakan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), yang masuk sebagai pilot project Adaptasi Kebiasaan baru.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, M Y Bramuda mengatakan, layanan angkuta wisata gratis ini, dilayani setiap hari, dari alun – alun kota (Taman Sritanjung), dan penumpang tidak dikenakan biaya apapun, namun operasionalnya tetap mengunakan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Meski gratis, petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer. Ini wajib dilakukan agar kita semua terhindar dari Covid-19,” ungkap Bramuda, kemarin.

Sementara General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika menjelaskan, penyediaan program angkutan wisata gratis merupakan perintah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, yang merupakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.

Dimana Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Banyuwangi.

“Damri menyiapkan 8 armada terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada, untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19,” jelas Resta.

Bagi masyarakat ataupun wisatawan yang berminat, bisa langsung mendaftar ke petugas, ataupun aplikasi pendaftaran online-nya, melalui lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada.

Selain Damri Pemerintah Banyuwangi juga telah menyediakan angkutan gratis ke sejumlah lokasi wisata, yakni Pulau Merah, Bangsring Underwater, City Tour dan Kawah Ijen. (*/adh)