Ada Potensi Bencana di Jabodetabek, Waspadalah

oleh -
Ilustrasi. Foto by pixabay

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta para pemangku kebijakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Raya, dan Bekasi (Jabodetabek) siaga menghadapi potensi bencana.

“Informasikan ke semua kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah. Minta mereka meneruskan sampai ke tingkat RT dan RW,” kata Doni melalui siaran pers yang disampaikan, Minggu (01/11/2020) sebagaimana dilansir Antaranews.com.

Doni juga meminta masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti perkembangan informasi terkini dari pemerintah maupun instansi terkait.

Untuk antisipasi dan penanganan bencana, termasuk menjaga keamanan lingkungan, Doni meminta para pemangku kebijakan menyiapkan tim patroli gabungan.

“Yang tinggal di bantaran sungai, bila meluap segera mengungsi sementara. Siapkan tim patroli gabungan, pertahanan sipil, dan pengamanan lokal untuk mengantisipasi pencurian bila rumah ditinggal sementara,” tuturnya.