Sepi Pengunjung, Para Siswa Ini Gelar Kelas Memetik Bunga Lavender

oleh -

JALAJAHNUSAE.com – Sepi pengunjung ternyata tak saja mendera destinasi di tanah air. Pandemi corona Covid1-19 membuat jumlah kunjungan turis juga menurun drastis di berbagai negara negara-negara maju.

Salah satunya, Jepang. Berbagai tempat yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan kini terbilang sepi, seperti di Hokkaido.

Kini, pelajar di sana bisa menikmati petik bunga lavender setelah sebelumnya mereka lebih banyak belajar di dalam kelas. Dilansir dari Kyodo News, Rabu (29/7/2020), empat siswa Sekolah Dasar (SD) di Hokkaido sedang memetik lavender.

Mereka memetik lavender selama jam sekolah di sebuah ladang bunga yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan.

Siswa kelas 3 dan 4 di Sekolah Dasar Ubun di Nakafurano memetik bunga-bunga di ladang lavender Hokuseiyama.

Kelas memetik bunga yang direncanakan oleh asosiasi pariwisata kota dan dewan pendidikan, dimaksudkan untuk membiasakan anak-anak dengan spesialisasi daerah. Siswa dari SMP Nakafurano dan SD Nishinaka juga ikut serta dalam program itu.

Siswa di sekolah dasar Ubun mempelajari sejarah lavender dan bagaimana menumbuhkannya dari pekerja Farm Tomita, bidang lavender yang terpisah. Para siswa juga akan mengunjungi Farm Tomita dan memberikan presentasi tentang lavender sebelum liburan musim panas.

Tak satu pun dari empat siswa yang pernah memilih lavender sebelumnya. “Ini pertama kalinya saya datang dan melihat lavender,” kata seorang siswa kelas tiga. “Itu lebih lembut dari yang diperkirakan dan harum wanginya,” imbuhnya.

Lavender adalah tanaman asli Mediterania, Semenanjung Arab, dan Rusia. Tanaman berwarna ungu ini digunakan untuk memproduksi minyak esensial dan harum wanginya.

Selama ini, lavender dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Hal itu karena aroma yang dikeluarkan dari lavender yang mengandung zat yang tak disukai nyamuk, tapi memberi efek menenangkan bagi manusia.

Lavender selama ini memiliki banyak manfaatnya hingga digunakan di industri kosmetik, makanan, hingga untuk obat nyamuk. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman herbal dan pengobatan

Beberapa manfaat dari Lavender, di antaranya dapat mengobati luka dan gigitan serangga, mengusir nyamuk, mengusir jerawat, menguatkan rambut dan mengatasi ketombe. Selain itu, lavender juga disebut dapat untuk mengatasi stres dan depresi.

(adh/*)