Raja Siallagan Ke-17 Menunggu Janji Presiden Jokowi

oleh -
Raja Siallagan ke-17, Gading Jhansen Siallagan saat menjelaskan keberadaan Kampung Siallagan kepada Jalajah Nusae. Belum lama ini presiden Jokowi singgah ke Kampung Adat Batak ini. Foto:Jalajah Nusae/adhi

JALAJAH NUSAE – Raja Siallagan ke-17 Gading Jhansen Siallagan mengapresiasi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin memugar dan memperbaiki Istana Sigale-gale di Kampung Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Samosir, Sumatera Utara.

“Saya mengucapkan terima kasih ke bapak Presiden Jokowi karena telah singgah di Kampung Huta Siallagan. Beliau ingin Huta Siallagan mempertahankan semua aspek yang mencirikan Batak. Mulai dari kesenian,budaya dan rumah adat,” kata Jhansen kepada Jalajah Nusae,Jumat (2/8/2019).

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana dalam kunjungan kerjanya di Danu Toba, Rabu (31/7/2019) lalu menyempatan mengunjungi Batu Persidangan di Kampung Huta Siallagan. Disinilah cikal bakal orang Batak berkembang.

Menurut Jhansen,pernyataan presiden yang akan membantu merehab Kampung Huta Siallagan sesuai dengan keinginannya.

Sejak lama dirinya memang berkeinginan untuk melakukan beberapa pembangunan fasilitas di sekitar Istana Sigale-gale.

Ruma adat Batak di Kampung Huta Siallagan.
Foto:Jalajah Nusae/adhi

Dengan semakin tingginya volume pengunjung,kata Jhansen, ada beberapa fasilitas seperti jalan masukdan pasar souvenir yang perlu perbaikan.

“Justru kalau Pak Presiden tidak menyampaikan akan membantu, saya sudah siapkan proposal untuk diajukan melalui pak Luhut Panjaitan. Karena banyak sekali planning kami disini,” ungkap Jhansen.