Bule Afsel Ketagihan Makanan Takjil, Terpesona Jajanan Wajik

by -

Video Bule berburu makanan Takjil di bulan puasa

JAKARTA, Jalajahnusae.com – Selalu saja ada cerita baru ketika berbicara kuliner tanah air. Apalagi memasuki bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Banyak jajanan yang keluar menghiasai saat-saat umat muslim akan berbuka puasa. Diantaranya ragam  menu takjil di Indonesia yang sudah menjadi ciri khas setiap setahun sekali,

Rupanya keunikan makanan Indonesia ini juga yang membuat pendatang dari luar negeri ikut terpesona.

Seperti yang dialami pasangan  Youtuber asal Afrika Selatan ini. Mereka merasa kagum saat mencicipi satu persatu makanan bahkan penasaran dan langsung mencoba takjil.

Pada bulan Ramadhan, di Indonesia banyak sekali tradisi unik yang dilakukan turun temurun. Tradisi-tradisi ini ternyata cukup menarik bahkan hingga pendatang dari luar negeri yang sedang menetap di Indonesia pada saat Ramadhan.

Salah satunya ngabuburit atau waktu berburu takjil yang tak akan pernah ditemukan di tempat lain. Tradisi ngabuburit dan takjil ini bahkan mampu menarik perhatian youtuber asal Afrika Selatan yang sedang menetap di Indonesia.

Deretan pedagang takjil yang banyak ditemukan pada sore hari membuat youtuber tersebut penasaran dan langsung menyambangi beberapa penjual untuk membelinya. Mereka bahkan tak sungkan untuk membeli makanan dari penjual pinggir jalan tersebut.

Melalui unggahan video pada akun Youtube@Rhett and Claire (27/4), dua Youtuber ini dengan sengaja berburu kuliner malam di Jakarta. Pada sebuah kawasan di daerah Jakarta Pusat mereka menemukan deretan pedagang takjil yang menarik perhatiannya.

Tak hanya takjil, Rhett dan Claire uga mencicipi hampir seluruh makanan yang dijajakan di kawasan tersebut. Mulai dari dimsum, soto ayam, es jeruk, gorengan hingga takjil yang memang mereka tuju sedari awal.

Mereka cukup kaget dengan rasa dari camilan pinggir jalan yang ada di Indonesia. Rasa yang cukup baru membuat mereka terkejut pada setiap gigitan makanan yang mereka beli.

Hal menarik banyak terjadi ketika mereka mulai mencoba takjil yang dibeli. Mereka bahkan membeli tiga jenis takjil, yaitu serabi pandan, apem cukit dan wajik.

Claire menjadi yang pertama kali mencoba kemudian diikuti oleh Rhett. Claire memilih untuk mencoba serabi pertama kali, karena ia tak tahu cara makan serabi ia langsung memakan serabi tanpa kuahnya. Claire cukup terkejut karena adonan serabi yang menurutnya tak ada rasa, tetapi ia dibuat kagum ketika kue serabi dicelupkan ke dalam kuah santan gula merah yang manis.

“Aneh, rasanya bener-bener berubah jauh. Enak sekali. Aku suka,” kata Claire.

Seru Banget! Bule Ini Cobain Serabi hingga Wajik di Pinggir JalanSeru Banget! Bule Ini Cobain Serabi hingga Wajik di Pinggir Jalan Foto: Youtube@Rhett and Claire

Setelah serabi, mereka kemudian mencoba kue apem cukit. Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras benar-benar hal yang baru dan pertama kalinya mereka temui.

Mereka menebak-nebak apa bahan pembuat apem cukit. Claire terlihat tidak begitu suka dengan rasa apem cukit. Berbeda dengan Claire, Rhett justru melahap habis apem cukit.

“Nggak masalah kok, enak juga. Aku suka. Aku makan semuanya,” kata Rhett.

Kemudian mereka mencoba takjil terakhir yang dibeli, yaitu wajik. Kue tradisional yang terbuat dari ketan dan santan dengan rasa manis ini mampu membuat Rhett dan Claire mebuka matanya lebar-lebar.

“Sangat lengket dan manis. In benar-benar enak. Aku benar-benar suka sekali dengan yang satu ini,” kata CLaire.

“Padat sekali. Wow, rasanya hebat. Sangat lengket tapi ini benar-benar enak. Aku juga suka yang ini,” kata Rhett.

Semua takjil yang mereka beli pada sore itu benar-benar dilahap hingga habis. Menariknya, wajik yang saat itu baru pertama kali mereka temui langsung membuat mereka jatuh hati dengan kue tradisional Indonesia. (*/adh)

Sumber: Detikcom