Resmikan KRL Yogya-Solo, Jokowi Berharap Bantu Naikan Sektor Ekonomi

by -
Sumber: Antara

Jalajahnusae.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo hari Senin, (1/3). Dirinya berharap dengan adanya KRL ini membantu memudahkan mobilisasi masyarakat, dan meningkatkan Ekonomi sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

“Kita harapkan ini bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang, dari Yogyakarta ke Solo, Solo ke Yogyakarta, dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita,” kata Presiden Jokowi dilansir dari Antara, Senin (1/3/2021).

Jokowi mengapresiasi KRL Yogyakarta-Solo. Pasalnya KRL ini menggunakan teknologi ramah lingkungan. Dirinya meminta agar seluruh moda transportasi di Indonesia menggunakan teknologi ramah lingkungan.

“Yang paling penting kereta listrik ini ramah lingkungan. Saya kira moda transportasi di negara kita, ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta, transportasi massal, yang ramah lingkungan, juga kendaraan-kendaraan semuanya harus ramah lingkungan yaitu listrik,” kata Presiden Jokowi.

Beroperasinya KRL ini mampu memangkas waktu tempuh Yogya – Solo atau sebaliknya. Hal ini mendukung efektifitas transportasi, karena dua kota tersebut merupakan salahsatu kota Wisata. Tepatnya, waktu tempuh KRL ini lebih cepat 10 menit dibandingkan kereta Prambanan Ekspress (Prameks).

Berdasarkan situs resmi PT Kereta Commuter Indonesia, setiap harinya KRL Yogyakarta-Solo dapat melayani 20 perjalanan setelah beroperasi penuh. Sedangkan untuk kapasitas pelayanan, pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan.

Namun, di masa pandemi KRL ini hanya melayani 74 orang dalam satu kali perjalanan dengan kecepatan 90 km/jam. (JV/TSS)