Rencana Sandiaga Buka Jalur Wisata Bali Lewat Program Free Covid Corridor

by -
Wisatawan di Bali - Foto: ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana

BALI, Jalajahnusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pemerintah akan membuat program free covid corridor (FCC) di Bali guna menarik wisatawan mancanegara. Ini dilakukan untuk menarik wisatawan mancanegara, khususnya dari China, Singapura, dan beberapa negara lain agar mau datang ke Indonesia.

Dirinya menjelaskan FCC adalah kawasan destinasi wisata yang sengaja dibuka pemerintah untuk wisatawan khususnya mancanegara. Syaratnya, kawasan ini harus merupakan zona hijau dalam arti memiliki jumlah kasus covid-19 rendah atau nihil.

Program ini digagas guna menarik wisatawan mancanegara khususnya China dan Singapura. Pihaknya pun telah melakukan pertemuan dengan Kedubes asing guna memperlihatkan kesiapan wisata bebas Covid-19.

Pada kajian awal, rencananya FCC akan diuji coba di Nusa Dua dan Ubud, lalu diperluas ke Nusa Penida dan beberapa lokasi lain tergantung arahan pemerintah provinsi.

Sandiaga melanjutkan, program tersebut merupakan lanjutan dari FCC di Morowali, Sulawesi Tenggara. Di sana, pemerintah telah membuka akses warga negara asing (WNA) yang bebas covid-19.

“Seperti di Morowali, ini sudah jalan konsep free covid corridor ini dan ada sekitar 5.000 kunjungan per hari yang sudah bisa dilaksanakan,” kata Sandiaga dilansir dari CNN.

Kendati demikian, pihaknya belum mengungkap target pembukaan FCC di Bali. Lantaran, saat ini program masih didiskusikan dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, hingga Pemprov Bali.

“Yang pasti kami tidak ingin memancing penularan baru, varian virus baru, tapi kita siapkan kesiapan kita. Harapannya, untuk jangka waktu yang tidak lama lagi bisa kita wujudkan free covid corridor ini,” pungkasnya. (JV/TSS)