Anti Macet, Pangandaran Siapkan Rute Baru untuk Wisatawan

oleh -

PANGANDARAN, Jalajahnusae.com – Libur akhir tahun sering menjadi problem bagi pengelola pariwisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Terutama untuk akses wisatawan memasuki kawasan wisata pantai.

Tidak jarang kendaraan harus antre panjang hingga beberapa kilo meter karena disebabkan kemacetan.

Nah, kendala ini tampaknya akan bisa teratasi setelah selesainya pembangunan rute baru menuju Pantai Timur maupun Pantai Barat Pangandaran.

Nantinya, para wisatawan yang akan memasuki  objek wisata Pangandaran akan memiliki jalur yang berbeda dari jalur utama.

Jika selama ini,  masuk dan keluar Pantai Pangandaran melewati jalur yang sama, yakni Jalan Nasional Pangandaran, ke depan pengunjung yang datang akan diarahkan melintasi jalur baru melintasi Pantai Timur.

Dimulai dari jalur utama KM 3, belok kiri ke arah PPI Cikidang, kemudian belok kanan menuju jembatan di Muara Cikidang untuk selanjutnya menuju pintu masuk di Pantai Timur Pangandaran.

Sedangkan wisatawan yang pulang, akan tetap melewati jalur utama.

Dengan pengalihan seperti itu, diharapkan tidak ada lagi penumpukan kendaraan yang datang dan yang keluar sehingga menimbulkan penumpukan kendaraan.

Selain sebagai akses jalan masuk wisata pantai Pangandaran, jalan ini juga merupakan akses nelayan menuju pelabuhan nelayan di PPI Cikidang, termasuk ke PIAMARI Aquarium dan Poltek KP Pangandaran. (*/adh)