Jokowi Minta 5 Destinasi “Bali Baru” Rampung 2020

oleh -
Ilustrasi Foto: Borobudur, salah satu dari lima Destinasi "Bali Baru". (Foto JalajahNusae/Iwan)

Sebelumnya, dalam rapat terbatas pada Juli 2019 lalu, Presiden Jokowi memaparkan enam masalah utama di lima lokasi destinasi wisata itu.

“Pertama masih ada ‘problem’ pengaturan dan pengendalian tata ruang yang masih kita benahi. Terakhir ada masalah di Sulawesi Utara, juga di Labuan Bajo, yang kita harapkan di Toba yang saya lihat juga masih ada,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Jokowi, masalah yang berkaitan dengan akses konektivitas menuju destinasi wisata hingga terminal airport. Runway yang masih kurang panjang, konektivitas jalan menuju ke tujuan wisata, dan berkaitan dengan dermaga pelabuhan perlu diperbaiki. Di antara kelima destinasi prioritas ini, Jokowi mengungkapkan ada dua daerah yang harus dibenahi secepatnya, yaitu di Labuan Bajo dan Manado.

Selanjutnya untuk persoalan ketiga, Jokowi menyebutkan soal fasilitas yang tersedia di lokasi wisata. Kemudian permasalahan keempat yang perlu ditingkatkan berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM). Terakhir, persoalan kelima yaitu berkaitan produk yang akan dijual di lokasi wisata dan keenam adalah promosi yang harus dilakukan secara besar-besaran.*** (IG)