Jokowi Minta 5 Destinasi “Bali Baru” Rampung 2020

oleh -
Ilustrasi Foto: Borobudur, salah satu dari lima Destinasi "Bali Baru". (Foto JalajahNusae/Iwan)

JALAJAHNUSAE.com – Dalam rapat kerja terbatas yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk berfokus kepada penyelesaian pembangunan lima lokasi pariwisata “Bali Baru” pada 2020.

“Kita konsentrasi dulu ke lima lokasi. Infrastrukturnya konsentrasi di situ, ‘calendar of event’nya konsentrasi di situ dan perbaikan produk-produk ekonomi yang berbasis rakyat, pariwisata yang berbasis rakyat tetap berada di lokasi-lokasi yang sering saya sampaikan, yaitu di Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Manado,” papar Jokowi yang dikutip dari laman jpp.go.id.

Di kawasan 5 destinasi tersebut, pemerintah menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur, diantaranya akses jalan, bandara, pelabuhan, dan produk-produk pariwisata hingga akhir 2020.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk melakukan penghijauan di kawasan-kawasan tersebut.

“Visi lingkungannya saya juga sudah perintah ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di situ disiapkan ‘nursery’, persemaian untuk menghijaukan kawasan-kawasan itu lebih baik juga bisa kita selesaikan,” tutur Jokowi.