Selamat Jalan Bapak Hotel Indonesia

oleh -
Mendiang Peter J Soehardjo semasa hidup dalam sebuah acara di televisi online tahun 2019 lalu. (Foto: Ist)

JALAJAHNUSAE.com,- Hotelier Indonesia kehilangan tokoh penting dalam sejarah perjalanan industri perhotelan tanah air.

Peter J Soehardjo bin Roesiat, General Manager Hotel Indonesia pertama dari bangsa Indonesia dikabarkan telah berpulang pada, Senin (31/8/2020) pukul 22.27 WIB di usia 84 tahun.

Jenazah yang malam tadi disemayamkan di Jl Lido D3/12 Puri Cinere, selanjutnya pagi ini, Selasa (01/09/2020) rencananya akan  di sholatkan di Masjid Cinere pukul 09.00, sebelum kemudian diberangkatkan ke Jl Dharmawangsa X no 72 untuk sholat dzuhur, upacara militer dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam sebuah momen kongres internasional general manager Indonesia di Nusa Dua Bali tahun 2017, Jalajahnusae.com berkesempatan berbincang-bincang singkat dengan sosok yang bersahaja ini. Kendati memiliki pengalaman diatas rata-rata GM saat ini, Peter J dikenal sangat ramah dan rendah hati.

Diperkenalkan oleh Master Chef Dedie Soekartin, ditengah hiruk-pikuk GM muda yang sedang mengikuti kongres ketika itu, Peter J masih memberikan waktu sekedar berbagi pengalaman.

“Alhamdullilah GM sekarang sudah semakin baik, pintar-pintar. Tidak seperti jaman bapak dulu, kebanyakan GM-nya orang bule (asing), kita seperti orang asing di negeri sendiri,” katanya ketika itu.

Ia pun berpesan agar para GM Indonesia terus meningkatkan kompetensi dalam menghadapi tantangan global. Untuk itu, GM Indonesia harus juga berani keluar untuk memperlihatkan bahwa anak-anak Indonesia bisa menjadi profesional sekalipun di negeri orang.

Sebelum berkecimpung di perhotelan Peter J mendalami pendidikan di  School of Hotel Admministration, Cornell university Ithaca New York. Selanjutnya ia juga memperdalam ilmu marketing Michigan State University.

Pada tahun 1956-1959 melanjutkan ke Swiss Hotel Management School (Bussiness Administration and Management, General). Tahun 1975-1975 masuk Holiday Inn University,Memphis-Tennessee (   Hotel/Motel Administration/Management).

Menjadi Vice General Manager Hotel Indonesia Inter.Continental  (Agutust 1962 – Okt 1965). Managing Director Hotel Bali Beach (Okt 1965 – Okt 1968), VP Operation & Marketing Hotel Indonesia International Corp.Ltd Jakarta (Jul 1977 – Jul 1980), General Manager Hotel Indonesia (Jun 1974 – Des 1980).

Sebagai Deputy CEO Sahid Hotels Group, Jakarta (Mar 1994 – Mar 2014), President Director Panghegar Hotel Management & Consultant, Bandung (Jun 2009 – Jun 2015).

Dipenghujung hidupnya J Peter tetap mendedikasikan dirinya untuk perkembangan hotel di Indonesia sebagai owner rep The Stones Hotel Legian-Bali sejak Jan 2016 hingga sekarang.

Yang menggetarkan segenap jiwa hotelier tanah air adalah ungkapan almarhum terhadap kenangannya sebagai orang pertama yang diberi kepercayaan oleh Presiden RI Seokarno untuk mengelola Hotel Indonesia.

“Hotel Indonesia merupakan awal dari industri perhotelan modern dan bertaraf internasional di negeri kita tercinta. Saya bangga dapat berperan serta dalam pembangunan serta pengoperasiannya, sekecil apa pun artinya,” ucapnya. (adh)