Hasil Rapid Tes Covid-19 di Jawa Barat, 409 Orang Dinyatakan Positif

oleh -
Covid-19
Foto: pixabay

JALAJAHNUSAE – Sebanyak 409 warga Jawa Barat positif terjangkit Covid-19. Hal itu diketahui, berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan Pemprov Jawa Barat terhadap 10.597 warga selama sepekan.

Kepala Dinkes Jawa Barat Berli Hamdani menyebutkan, dari 409 warga yang positif masih akan dilakukan tes lanjutan dalam bentuk test swab dan VTM.

Namun, karena terbatasnya ketersediaan perangkat test swab dan VTM, maka proses tes lanjutan itu masih perlu menunggu ketersediaan alat.

“Test swabnya dilakukan di kab/kota. Bisa di rumah sakit atau di labkes kab/kota, setelah dilakukan tes swab, hasil tesnya dikirim ke Labkesda Provinsi. Nanti, dari 409 positif ini baru bisa dilihat hasil akhirnya setelah dilakukan PCR oleh Labkesda Provinsi Jabar,” ungkapnya.

Baca juga:

Jawa Barat Kekurangan 30 Ribu APD Untuk Tenaga Medis

482 Perusahaan Hotel dan Restoran di Jawa Barat Tutup,Berikut Daftarnya

Dengan begitu, kata Berli, Labkesda Provinsi Jabar masih menunggu kiriman sampel spesimen hasil rapid test dari kab/kota untuk diperiksa kembali.

Ketersediaan perangkat tes swab yang terbatas, membuat Labkesda Jawa Barat, harus berbagi dengan labkes kab/kota dan hanya memberi tes swab kepada pasien yang tepat sasaran.

“Tes swab hanya diberikan kepada pasien positif berdasarkan hasil tes rapid, atau PDP,” ucapnya.

“Untuk menambah persediaan perangkat tes swab dan VTM (Virus Transfer Media), kami mendapat bantuan dari Unpad dan RSHS, serta sedang meminta tambahan kepada Balitbangkes,” terangnya.

Kepada 409 warga yang dinyatakan positif itu, lanjut Berli, akan dilakukan pelacakan riwayat kontak oleh tim screening dari bidang PDP (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes provinsi maupun kabupaten/kota.