Waspada, Pantai Selatan Jatim Berpotensi Munculkan Gelombang Tinggi

by -
Ilustrasi gelombang laut meninggi. (Foto: Pixabay)

JALAJAHNUSAE.com –  Bagi kalian ingin melakukan perjalanan ke wilayah Pantai Selatan Jawa Timur agar  lebih berhati-hati sampai Selasa, 2 Maret 2021 mendatang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Maritim kelas II Tanjung Perak, Surabaya mengeluarkan peringatan adanya gelombang tinggi  2,5 meter hingga 4 meter mulai hari in hingga Selasa 2 Maret mendatang.

Gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter terjadi di selatan Perairan Jawa Timur (Jatim), dan selat Hindia Selatan Jatim.

Demikian pengumuman yang dikutip Jalajahnusae.com, Senin (1/03/2021) dari akun twitter resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, @JatimPemprov.

Gelombang tinggi tersebut terjadi karena terdapat Siklon Tropis Marian pada posisi 16,3 ° LS, 92,3 ° BT (sekitar 1770 km sebelah barat daya Bengkulu) yang bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

Dengan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat Laut – Timur Laut pada kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

Sementara itu di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot, kecepatan Angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan, Teluk Bone, yang menunjukkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Untuk itu BMKG mengimbau agar masyarakat memperhatikan keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry.

Selain itu perlu diwaspadai keberadaan awan cumulo nimbus (Cb) yang luas dan gelap yang dapat menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang yang diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan, karena gelombang maksimum dapat mencapai 2 kali ketinggian gelombang signifikan. (*/adh)