BTS Didengarkan Lebih 5 Miliar Stream, BLACKPINK Dan DAY6 Membuntuti

by -
BTS, atau juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. (Foto:IG)

JALAJAHNUSAE.com – Spotify Wrapped 2020 mengumumkan bahwa BTS, BLACKPINK dan DAY6 berada di peringkat tiga teratas artis K-Pop yang paling banyak didengarkan di Indonesia.

Menurut data Spotify tahun ini, BTS didengarkan lebih dari 5 miliar stream dan menjadikannya sebagai grup musik yang paling banyak didengarkan secara global sekaligus artis K-Pop teratas di Spotify pada 2020.

Lagu berbahasa Inggris pertama mereka, “Dynamite” yang dirilis pada September lalu, menjadi lagu K-Pop yang paling banyak didengarkan tahun ini. Lagu tersebut mencetak rekor baru di Spotify yakni didengarkan sebanyak 12,6 juta kali dalam 24 jam pertama setelah rilis.

Sementara itu, “MAP OF THE SOUL: 7” juga menjadi album yang paling banyak didengarkan tahun ini.

Berada di urutan kedua, BLACKPINK didengarkan lebih dari 300 juta kali hingga saat ini, lagu “How You Like That” juga menjadi lagu kedua yang paling banyak diputar tahun ini.

Artis K-Pop pendatang baru TREASURE, AleXa dan BIBI juga layak menjadi perhatian karena masuk dalam jajaran artis yang paling banyak didengar dalam playlist Spotify RADAR Korea.

Playlist tersebut menampilkan berbagai lagu artis Korea pendatang baru dari berbagai genre yang perlu didengarkan. Playlist RADAR Korea merupakan bagian dari RADAR, sebuah program berskala global untuk artis pendatang baru yang diluncurkan Spotify awal tahun ini.

Untuk pertama kalinya, Spotify juga mengungkap daftar lagu teratas dari berbagai genre Korea yang menarik minat pendengar global, termasuk Hip-Hop, R&B, dan tak ketinggalan OST (Original Soundtrack) dari drama Korea.

OST Korea yang paling banyak didengarkan tahun ini adalah “Sweet Night” oleh V dari serial Itaewon Class. Lagu upbeat dari drama tersebut, “시작” oleh Gaho, juga menduduki peringkat ketiga di daftar OST Korea.

Di deretan tiga teratas ada pula lagu “Stay With Me” milik CHANYEOL and Punch, yang menjadi lagu penutup dari serial televisi “Guardian: The Lonely and Great God”. (antaranews)