Dark Mode Bakal Bikin Instagram Tampil Bernuansa Gelap

oleh -
Tampilan dark mode dari Instagram versi beta. (Foto Phone Arena)

JALAJAHNUSAE.com – Dark Mode (Mode Gelap) akan menghiasi tampilan Instagram dalam versi beta bagi para pemilik smartphone Android 10 dan Android 9.0 Pie. Dark mode sendiri saat ini sedang menjadi tren yang diadopsi berbagai layanan aplikasi, seperti Google, Apple, Microsoft, dan sejumlah perusahaan teknologi lainnya.

Dark mode ini berarti mengatur skema warna dari software untuk memprioritaskan tone gelap yakni hitam dan abu-abu gelap ketimbang putih dan abu-abu terang. Kegunaannya antara lain sebagai langkah pengurangan cahaya berwarna biru, sehingga membuat kenyamanan mata saat melihatnya.

Seperti dilansir laman Phone Arena, beberapa pengguna Instagram versi beta sudah mencoba mengaktifkan fitur dark mode lewat smartphone Pixel yang sudah didukung Android 10 dan para pengguna smartphone Samsung yang menggunakan Android 9.0 Pie.

Langkah untuk mengaktifkan mode gelap tersebut, diawali dengan membuka fitur Pengaturan – Tampilan Lanjutan – Tema Perangkat dan memilih untuk beralih ke Gelap. Dengan menggunakan tema Gelap juga akan otomatis mengaktifkan mode gelap di aplikasi Instagram beta.

Namun ada kekurangan yang akan dijumpai saat menggunakan dark mode ini, yakni warna hitam dari tema sepenuhnya menutupi ikon baterai, waktu, dan pemberitahuan saat Anda menggunakan Instagram. Mereka menjadi terlihat lagi setelah Anda menutup aplikasi.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti, kapan Instagram akan memperkenalkan secara resmi fitur ini kepada publik. Tapi kemungkinan tak akan lama lagi, Instagram akan meluncurkannya.***