Saingi Zoom, Facebook Bikin Video Call Rooms

oleh -
ilustrasi

JALAJAJAHNUSAE.com – Tak ingin tersaingi Zoom,Facebook mengumumkan fitur terbarunya yang memungkinkan melakukan video dengan para penggunanya dalam jumlah banyak.

Fitur video call ini mencoba merebut pasar  Zoom dan aplikasi sejenis lainnya yang sedang naik sekarang.

Zoom dan layanan video conference lainnya banyak diburu seiring pandemi Corona, di mana masyarakat memanfaatkan layanan tersebut untuk belajar, kerja, atau melakukan pertemuan secara virtual.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Sabtu (25/4/2020) fitur yang bernama Messenger Rooms ini dapat menampung sebanyak 50 orang. Fitur tersebut dapat dipakai di Facebook Messenger dan Grup Facebook.

Jumlah pesertanya mungkin tidak sebesar Zoom yang bisa memuat 100 partisipan. Akan tetapi untuk versi gratisnya, layanan video conference-nya hanya bisa berjalan 40 menit saja.

Bagi yang ingin memanfaatkannya, bisa mengendalikan Messenger Rooms apakah bersifat publik atau pribadi. Para peserta dapat iku gabung melalui tautan meskipun tidak mempunyai akun Facebook.

Host yang menciptakan ruang obrolan dapat mengatur siapa saja yang ikut serta di dalam pertemuan virtual tersebut. Ini tentunya jadi kunci agar tak ada kejadian layaknya zoom boombing.

Di fitur Messenger Rooms ini, Facebook menekankan fokus pada privasi dan keamanan. Orang yang sudah diblokir secara tegas tidak boleh ikut bergabung lagi.

(adh)