Hati-hati Dua Aplikasi Ini Bisa Menyadap HP Anda

oleh -
ilustrasi. foto: IG-@tecnomobilepakistan

JALAJAHNUSAE.com – Dalam menginstal aplikasi harus lebih berhati-hati. Jika bukan bawaan dari telepon selular sebaiknya periksa terlebih dahulu. Sebab, bisa saja aplikasi tersebut membahayakan bahkan memata-matai data yang ada.

Baru-baru ini,misalnya, lembaga riset mobile security Wandara menemukan dia aplikasi kamera selfie yang mengandung adware. Keduanya adalah Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera.

Aplikasi ini dilaporkan sudah sudah dihapus dari Google Play Store. Sun Pro Beauty Camera sudah didownload lebih dari satu juta kali dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera sudah di download lebih dari 500 ribu kali.

Dalam uji coba yang dilakukan Wandara, aplikasi Sun Pro Beauty Camera memunculkan iklan pop-up full screen di ponsel meski aplikasi tak dibuka. Iklan ini sulit untuk ditutup.

Aplikasi Funny Sweet Beauty Sefie Camera juga memunculkan iklan full screenketika foto filter didownload melalui aplikasi, ujar riset Wandara, seperti dikutip Rabu (25/9/2019).

Dalam penelusuran Wandara, kedua aplikasi ini meminta izin pengguna untuk merekam audio melalui mikropon ponsel.

Izin ini akan mengizinkan developer merekam pembicaraan tanpa terlebih dahulu minta izin pengguna ponsel. Artinya ponsel pengguna bisa disadap tanpa izin.

“Adware seluler dapat membunuh produktivitas yang dampaknya bisa lebih serius bagi bisnis. Iklan yang tidak menarik di luar aplikasi mengganggu pengguna di tengah-tengah kerja mereka karena harus mematikan perangkat, menguras baterai, dan dalam beberapa kasus, perangkat yang terinfeksi perlu diganti, ” ujar riset Wandera.

(adh/cnbci)