Ponsel Samsung Seri M Ini, Selain Baterai Tahan Lama Banyak Fitur Kantoran

oleh -
Suasana kolam rendam air panas alami di Sari Ater Hotel & Resort yang diambil menggunakan kamera Samsung Galaxy M51, Sabtu (21/11/2021). (Foto: Zulfie)

Seri Galaxy M masih menggunakan port audio 3,5 milimeter, terletak di bawah ponsel. Pengisian daya Galaxy M51 menggunakan USB Type-C untuk mendukung fast charging.

Performa Saat WFH

Fitur unggulan di ponsel Galaxy M51 berupa baterai sebesar 7.000mAh, yang diklaim bisa digunakan selama 182 jam untuk mendengarkan musik.

Antaranews.com coba me-review produk ini, dimana bagi para jurnalis, ponsel ini ternyata  cukup membantu, menggantikan fungsi laptop.

Selama WFH, jurnalis banyak menggunakan ponsel untuk mengikuti webinar, menulis di aplikasi bawaan Note dan Microsoft Office, menelepon, aplikasi pesan instan WhatsApp, email dan banyak membuka tab di mesin pencari untuk menggali informasi.

Ketika digunakan untuk konferensi video selama satu jam, Galaxy M51 hanya menghabiskan daya baterai sebanyak 7 persen, berkurang dari 98 persen menjadi 91 persen.

Mode penghemat baterai saat itu tidak dinyalakan karena daya baterai masih sangat banyak.

Pengaturan yang dipakai kala itu, lokasi dan Bluetooth dimatikan, sementara mode auto-rotate atau rotasi layar dinyalakan. Audio selama konferensi video mengandalkan pengeras suara built-in dari ponsel.

Setelah digunakan webinar, ponsel kembali aktif digunakan untuk bekerja, hingga pukul 14.22 daya baterai yang tersisa sebanyak 84 persen.

Ponsel kembali digunakan untuk konferensi video selama 57 menit, hanya membutuhkan 4% baterai, alias berkurang menjadi 80 persen.

Selama dipakai bekerja “office hour” pukul 09.00 sampai 17.00, ANTARA hanya menghabiskan sekitar 25 persen baterai, alias masih tersisa daya 75 persen.

Zulkiflie Kadir, Karyawan PT Sari Wisata Utama di Bandung melakukan selfie timer menggunakan Samsung Galaxy M51. (Foto: Zulfie)

Kegiatan fisik di luar rumah tentu terbatas selama masa pandemi ini, hiburan melepas penat pun tidak jauh dari ponsel.

Selain mengakses media sosial seperti YouTube dan Twitter, ponsel ini juga digunakan menonton film di platform streaming selama 30 menit.

Hingga pukul 22.30 di hari pertama WFH dengan Galaxy M51, baterai ponsel masih tersisa 61 persen.

Hari kedua, jam 09.00 persentase baterai masih berada di angka 55 persen. Ponsel kembali dipakai untuk konferensi video pada pukul 10.00, daya dimulai dari 53 persen.

Selama satu jam, tugas tersebut menghabiskan daya sekitar 5 persen hingga 7 persen. Pukul 12.37, masih ada daya baterai sebesar 44 persen, antara lain dipakai untuk menelepon, pesan singkat, email dan mengakses media sosial.