Senang Memotret Landscape Alam? Nih Ada Tipsnya!

oleh -
Hasil foto landscape alam. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Mengabadikan momen atau objek indah lewat jepretan kamera merupakan hal yang banyak disukai kebanyakan orang. Namun kebanyakan orang awam mungkin hanya mementingkan kualitas gambar yang jelas, berbeda dengan para profesional fotografer.

Banyak hal yang diperhatikan ketika ingin mengabadikan sebuah gambar, terlebih untuk mode landscape. Nah, agar hasil jepretan Anda terlihat seperti hasil jepretan fotografer profesional, ikuti tips memotret landscape di bawah ini!

Pastikan Garis Horizon Lurus

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memotret landscape atau pemandangan, apalagi ketika Anda memotret batas laut dan langit, di mana garis horizonnya terekspos jelas adalah memastikan garis horizon yang dipotret itu lurus, tak peduli kita memotret dengan DSLR atau dengan kamera smartphone.

Kalau memungkinkan, Anda dapat gunakan tripod agar mempermudah dalam mengambil gambar landscape. Biasanya, pada tripod terdapat fitur bubble level yang fungsinya kira-kira sama dengan waterpass, yaitu untuk memastikan tripod sudah berdiri di posisi datar atau tidak.