Jabar Layak Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia

oleh -
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Kamil, dan Pendiri Shafira Corporation Feny Musfata saat acara HUT ke-31 Shafira. (Foto Humas Jabar)

JALAJAHNUSAE.com – Dengan penduduk mayoritas muslim, Jawa Barat layak menjadi pusat fashion muslim dunia. Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil  saat menghadiri talk show ‘Tree Of Life’ dalam rangka ulang tahun ke-31 brand pakaian muslim Shafira di Shafira Store Kota Bandung, Sabtu (11/1/20) lalu.

Untuk itu, menurut Emil –sapaan Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) mendukung perkembangan industri kreatif di Jabar, termasuk salah satunya industri fashion busana muslim. Jabar juga dinilai cukup progresif dalam mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf).

Emil juga menegaskan, Pemdaprov Jabar terus berkomitmen untuk mengembangkan ekraf, di antaranya dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jabar Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Perda Provinsi Jabar Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

“Kami bercita-cita Jawa Barat menjadi pusat fashion muslim di Indonesia, Insyaallah dunia,” tutur Emil, dikutip dari laman Humas Jabar.

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya turut mendorong bisnis dengan konsep circular economy, yakni konsep bisnis yang berpedoman pada prinsip mengurangi sampah dan memaksimalkan sumber daya yang sudah ada alias daur ulang.