Koboy Kampus Kembali ke Bandung dalam Bentuk Film

oleh -
Foto bersama para pemain dan kru film Koboy Kampus. (Foto Handri)

JALAJAH NUSAE – “Koboy Kampus” merupakan istilah bagi mahasiswa era 90-an di Bandung yang lebih banyak bermain daripada kuliah. Tepatnya di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Kisah Koboy Kampus pernah menjadi salah satu lagu The Panasdalam Bank asal Bandung yang digawangi Pidi Baiq bersama rekan-rekannya yang dulu kuliah di ITB.

Setelah lebih dari dua dasawarsa, akhirnya Koboy Kampus kembali ke Bandung melalui sebuah film berjudul Koboy Kampus. Gala premierenya berlangsung pada Minggu (21/7/2019) di Bioskop XXI Ciwalk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung. Acara hasil kerja sama 69 Production dan MNC Pictures ini, juga merupakan lanjutan dari gala premiere yang dilangsungkan di Jakarta Kamis 18 Juli 2019 lalu.

Sebelum gala premier, para pemain terlebih dahulu melakukan meet and greet di kawasan mall Cihampelas Walk. Antusiasme warga yang hadir menyambut para pemain sangat luar biasa. Apalagi, meet and greet dihadiri Jennifer Lepas, Ricky Harun, Bisma Karisma, sutradara Tubagus Deddy, dan lainnya.

Film Koboy Kampus sendiri direncanakan akan tayang di semua bioskop di Indonesia mulai 25 Juli 2019 mendatang.

“Film ini mengangkat latar belakang di era 90-an, di mana saat itu Pidi Baiq masih kuliah di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung,” ujar Tubagus Deddy sang sutradara.

Ricky Harun yang berperan sebagai Ninu, orang kepercayaan Pidi Baiq menuturkan, “Senang bisa main di film ini, seolah kita berada pada tahun 90-an. Bedanya, saat itu gak ada handphone, itu terasa banget ketika main film ini juga”.

Kehadiran film ini di masa sekarang merupakan hal yang harus dilakukan lantaran pastinya masih banyak Koboy Kampus berkeliaran di Bandung. Mungkin saja, para Koboy Kampus tersebut bisa hadir untuk menyaksikan cerita tentang kehidupan mereka saat menjalani perkuliahan.

Hal ini menjadikan sejarah terbuka kembali bahwa istilah Koboy Kampus sempat tenar di Bandung dan sedikit banyaknya mempengaruhi pola pikir para mahasiswa saat itu.

“Saya tidak alami masa perkuliahan pada periode 90-an, tapi saya bisa rasakan kondisi kampus saat itu. Tapi di sini, di film ini, dibikin ringan. Pesan buat mahasiswa, silakan demo tapi jangan merugikan banyak orang. Bukan untuk merusak, tapi memberi sesuatu, seperti dicontohkan Ayah, dia punya cara sendiri. Silakan berkarya dengan cara sendiri,” sahut Bisma Kharisma.

Sementara itu, EVP Operation & Production MNC Pictures Muhammad Soufan mengungkapkan, film Koboy Kampus bergenre drama musical. Film tersebut diproduksi 69 Production bersama MNC Pictures. Kerja sama inipun merupakan yang pertama kalinya.

“Pertama kami lihat alur cerita film ini bikin kami tertawa. Sehingga kami merasa tertarik dan kami bersedia menjadi distributor filmnya. Harapannya, ada kerja sama lainnya yang bisa dikerjasamakan untuk produksi film lainnya,” ungkap Soufan.

Adapun para pemeran Film Koboy Kampus, antara lain Jason Ranti sebagai Pidi, Ricky Harun sebagai Ninu, David John Schaap sebagai Erwin, Miqdad Addausy sebagai Dikdik, Bisma Karisma sebagai Deni, Steffi Zamora Husein sebagai Rosi, Danilla Riyadi sebagai Nova, Vienny JKT48 sebagai Nia, Christina Colondam sebagai Santi, Jennifer Lepas sebagai Inggrid, Anfa Safitri sebagai Rianto, dan lainnya.*** (IG/HY)