Dunia Melirik Sepeda Sebagai Transportasi Perkotaan

oleh -
Ilustrasi. Trend bersepeda akan mewarnai kota-kota besar di dunia. (foto: pixabay)

JALAJAHNUSAE.com – Pandemi corona secara dramatis mengubah lanskap Kota New York, Amerika Serikat. Ada babak baru dalam penggunaan transportasi.

Jika sebelumnya kota ini  identik dengan taksi kuning dan gerbong kereta bawah tanah, belakangan mengalami kebangkitan bersepeda yang mengejutkan. Tren ini juga tampaknya diikuti seluruh perkotaan di dunia.

Seperti dikutip dari Planet Lonely, Jumat (20/11/2020), Citi Bike, program berbagi sepeda NYC, mengalami lonjakan permintaan 67% pada awal Maret 2020 lalu, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

Ryan Zagata, Direktur pabrikan Brooklyn Bicycle Company yang berbasis di NYC mengemukakan, ada  peningkatan penjualan 647% dibandingkan tahun lalu.

“Kami menjalani pasokan sepeda sepanjang tahun dalam empat bulan pertama tahun ini,” katanya.

“Showroom kami benar-benar kosong; kami tidak memiliki satu pun sepeda dalam inventaris. Kami merasa lega – kami memiliki banyak sepeda yang akan datang pada bulan Juni – tetapi semuanya telah dialokasikan sebelumnya sekarang.”

Warga New York juga bukan satu-satunya orang yang membeli sepeda.

“Kami memiliki 450 mitra di Amerika Serikat dan Kanada,” lanjut Zagata.

Dan sebagian besar sepeda dijual di wilayah metropolitan seperti Seattle, Portland, Los Angeles, Chicago, Houston, Boston, DC, Vancouver, Toronto , Calgary, dan Montreal.

“Kami memiliki dealer di New York yang sudah menyatakan ingin  mengambil hingga 300 sepeda jika memanhg stoknya ada,” katanya.