Ingin Beli Sepeda, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

oleh -
Ilustrasi. Sepeda gunung (MTB) sangat cocok bagi kalian yang senang berpetualangan. Foto:@pitjonnes.clp

JALAJAHNUSAE.com – Ditengah pandemi corona (Covid-19) kecenderungan orang untuk menggunakan sepeda semakin tinggi. Tentu karena manfaatnya bisa untuk kesehatan, juga sekaligus sebagai sarana berkumpul bersama penghobi bersepeda.

Nah, bagi kalian yang ingin beli sepeda ada baiknya perhatikan 4 hal berikut ini. Apalagi bagi pemulua atau yang baru ingin memiliki sepeda.

1.Kebutuhan

Ini adalah aspek pertama yang perlu dijadikan pertimbangan. Mengapa kamu membeli sepeda?

Apakah sebagai transportasi untuk mobilitas pulang-pergi kantor, bersepeda ke dataran tinggi, atau lainnya?

Pertimbangkan pula medan yang akan dilalui nanti dengan sepeda tersebut.

“Jika kita ingin bersepeda di medan aspal dan menginginkan performa kecepatan, kita bisa memilih sepeda balap (road bike),” kata Yunike, Kamis (11/6/2020).

Jika kebutuhannya adalah untuk bersepeda di jalan yang tidak rata, melintasi jalanan hutan, dan lainnya, kamu bisa memilih sepeda gunung (MTB).

Sementara, jika kebutuhan kita adalah sepeda untuk commuting atau keseharian, bisa memilih sepeda perkotaan (city bike).

2.Ukuran

Ukuran sepeda yang pas sangat penting untuk mendapatkan kemanan dan kenyamanan bersepeda.

3.Budget

Harga sepeda sangat bervariasi dan tentu akan menentukan kualitas sepeda. Mulai dari bahan yang dipakai, groupset dan wheelset-nya, suspensi, serta kelengkapan lainnya.

Sepeda-sepeda untuk keperluan khusus seperti balapan, atau menuruni jalur gunung (downhill), all mountain, dan touring umumnya lebih mahal, walaupun memang tetap ada banyak pilihan harganya.

4. Perlengkapan

Ingat, biaya yang kamu perlu siapkan tidak hanya untuk sepedanya saja, melainkan juga untuk perlengkapan lainnya.

Perlengkapan umum yang digunakan pesepeda antara lain helm, sarung tangan, dan lainnya.Ini penting untuk dipikirkan karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda.

Selain perlengkapan utama seperti helm dan sarung tangan, kebanyakan pesepeda juga memerlukan pakaian khusus yang nyaman, hingga lampu sepeda yang bermanfaat untuk bersepeda di malam hari.

“Lampu akan membantu pengemudi kendaraan lain di depan untuk melihat keberadaan sepeda kita.”

“Dan, bisa ditambahkan juga lampu di bagian belakang sepeda, atau sekurang-kurangnya reflektor,” ujar Yunike.

(adh/kom)