Siang Hari Gini, Enaknya Cicipi Kesegaran Asam Manis Rujak Natsepa

oleh -
Rujak Natsepa dengan latar Pantai Natsepa. (Foto Amsal Mansur/pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Saat berkunjung ke Maluku dan lelah karena terik panas matahari di siang hari, coba cicipi kesegaran rasa asam dan manisnya Rujak Natsepa. Dijamin badan kembali segar dan akhirnya ketagihan.

Nama rujak Natsepa sendiri, diambil dari nama pantai, Natsepa, yang berada di Kabupaten Maluku Tengah. Lokasi cukup jauh dan terpisah dari Kota Ambon, tepatnya berada di Pulau Seram yang dikenal dengan sebutan Nusa Ina atau Pulau Ibu.

Rujak Natsepa ini, berisi campuran buah-buahan seperti belimbing, nanas, kedondong, mangga, ubi, jambu air, dan pepaya, serta buah khas Maluku. Keistimewaannya karena ditambah parutan kulit buah pala yang diramu dengan ulekan kacang goreng dan gula merah. Lalu ditambah garam plus sedikit asam. Terciptalah cita rasa rujak dengan kelezatan khas.

Para pecinta kuliner juga tak usah merogoh kocek yang dalam, karena harga untuk seporsi rujak Natsepa sangat murah, hanya Rp 15 ribu. Untuk mencoba sensasi cita rasa rujak ini, kita tinggal datang ke pantai Natsepa.

Di sana akan mudah  menemukan penjual rujak. Berjejer di sepanjang jalan di tepi pantai, tinggal pilih penjual mana yang diinginkan. Meskipun penjualnya berbeda, namun cita rasanya tetap sama. Supaya lebih nikmat kala mencicipi rujak Natsepa, pengunjung bisa melengkapinya dengan es kelapa muda, ada pula jagung rebus, pisang goreng, dan menu lainnya.

Pada akhir pekan, Pantai Natsepa selalu ramai dikunjungi masyarakat karena pantainya landai, sehingga aman untuk wisata keluarga terutama bagi anak-anak. Tersedia pula permainan banana boat bagi orang dewasa. Bagi yang ingin menginap di sekitar Pantai Natsepa, terdapat beberapa hotel dan resort terbaik di sekitarnya.*** (IG/sumber pesona.travel)