Teh Beras Merah dari Jatiluwih, Olahan Organik Kaya Nutrisi

oleh -
Teh Beras Merah
Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Tabanan, Bali. (Foto pesona.travel)

JALAJAHNUSAE.com – Umumnya beras merah diolah menjadi sajian nasi yang enak dan pulen. Namun saat berkunjung ke Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali, kita bisa menikmati beras merah yang dibuat minuman teh yang kaya nutrisi dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Minuman ini populer dengan nama Hyeonmi Cha yang awalnya diracik masyarakat Korea Selatan, tapi juga terdapat di Desa Jatiluwih dan menjadi kuliner khas di sana. Jatiluwih memang dikenal sebagai desa yang menghasilkan berbagai macam hasil tani organik seperti beras, sayur, dan buah buahan. Salah satu hasil unggulannya adalah beras merah organik.

Teh beras merah sendiri mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan tenaga lebih banyak dan menjaga perut terasa kenyang dalam waktu lebih lama. Kandungan kalorinya pun rendah, jadi jangan khawatir bakal membuat gemuk. Teh ini pun bisa membantu proses pembakaran lemak khusus di bawah kulit.

Selain itu, teh beras merah juga mengandung vitamin, seperti vitamin D yang baik buat tulang, kandungan antioksidan, dan berbagai kandungan zat baik lainnya yang meningkatkan metabolisme tubuh. Sajian yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan tubuh kita selagi banyak melakukan aktivitas fisik.

Saat berkunjung ke Jatiluwih, kita bisa mencicipi khasiat teh beras merah di sejumlah kafe atau warung, salah satunya di Warung Dhea. Jadi saat jalan-jalan ke desa yang menjadi situs warisan dunia UNESCO ini, jangan sampai melewatkan kuliner istimewa tersebut.***(IG/Pesona Indonesia)