9 Pilihan Kuliner Khas Palembang yang Menggoyang Lidah. Surganya Pencinta Ikan!

by -
laksan palembang
Makanan khas Palembang, Laksan - Foto: Gunawan Kartapranata

Jalajahnusae.com – Tak hanya pempek, Palembang juga memiliki beragam kuliner yang bisa bikin kamu laper terus lo! Bisa dibilang, bahan dasar ikan mendominasi hampir setiap kuliner khas Palembang.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi sajian khasnya ya! 

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner, berikut adalah daftar tempat kuliner khas Palembang terbaik.

Makanan & Kuliner Khas Palembang

Pempek Candy Kuliner Khas Palembang Terkenal

Siapa yang tak kenal sajian khas Palembang yang satu ini? Pempek merupakan makanan yang wajib dicoba oleh wisatawan yang datang ke Palembang. 

Meski sudah tersedia di hampir semua kota di Indonesia, kamu harus coba pempek ini di tempat aslinya.

Pempek yang digoreng garing ditambah bubuk udang rebon, mie kuning, mentimun, dan kuah cuko, tentu bisa membuat selera makan kamu meningkat. Makan di kota asalnya lebih nikmat guys!

Pempek Candy juga menjadi salah satu rumah makan pempek yang paling terkenal di Kota Palembang.

Selain makan di tempat, banyak wisatawan yang menjadikan Pempek Candy sebagai oleh-oleh. Maka dari itu, sebelum pulang, kamu bisa membeli pempek dalam jumlah banyak di tempat ini.

Mie Celor 26 Ilir

Warung yang bernama lengkap Warung Mie Celor 26 Ilir H M Syafei Z adalah sebuah tempat kuliner khas Palembang yang legendaris.

Sekilas, mie celor mirip udon tetapi dengan cita rasa lokal. Mie Celor merupakan sajian mie kuning yang besarnya seperti udon, lalu disiram dengan kuah kental pedas, serta toping aneka ragam.

Topping yang dimasukkan ke dalam mangkuk mie celor ini basanya adalah daging, udang, potongan telur rebus, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. 

Waktu terbaik untuk menyantap makanan ini adalah di pagi hari sebagai sarapan. 

Pasti sudah terbayang dong bagaimana sedapnya menyantap mie bertekstur kenyal sambil menyeruput kuahnya yang kental di pagi hari?

Yuk datang ke sini!

Martabak HAR

martabak HAR
Martabak HAR – sumber: ksmtour.com

Martabak HAR adalah martabak legendaris di kota Palembang yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. 

Nama HAR diambil dari singkatan nama pemilik resto yakni Haji Abdul Rojak. 

Martabak HAR adalah martabak telur yang terbuat dari telur ayam atau bebek.

Paling sedap, kuliner khas Palembang ini disantap dengan cara mencocolnya ke kuah kari kambing yang kental. Untuk menambah kenikmatan, jangan lupa tambahkan seporsi kentang dan beberapa potong daging. 

Tekwan Pempek Lince

Tekwan merupakan kuliner khas Palembang yang adonan nya mirip dengan pempek. Bedanya, adonan tekwan ini dibuat berbentuk bulat lalu disajikan bersama kuah kaldu udang.

Dalam semangkuk tekwan, biasanya ada jamur kuping, bakso ikan, bihun, bengkoang, daun seledri dan daun bawang, serta taburan bawang goreng. 

Paling pas, menikmati semangkuk tekwan yang hangat ini saat cuaca sedang dingin-dinginnya!

Salah satu tempat tekwan terenak di Palembang adalah Tekwan Pempek Lince yang berada di Jalan Tugumulyo.

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu, bahwa tempat ini tidak hanya menyajikan tekwan, tetapi juga pempek yang tidak kalah enaknya.

Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta

Kuliner khas Palembang tidak melulu soal olahan ikan.

Kamu bisa mencicipi es kacang merah, hidangan penutup kebanggaan Palembang.

Es kacang merah disajikan dengan campuran santan dan gula Jawa. Rasa segar, manis dan gurih hidangan ini, akan mengobati dahaga setelah kamu berkeliling kota Palembang.

Salah satu tempat legendaris untuk menikmati hidangan penutup ini adalah Es Kacang Merah Mamat yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an di Jalan Kebun Manggis, Kota Palembang.

Laksan Kaito

Kembali ke kuliner khas Palembang berbahan dasar ikan, kamu tidak boleh melewatkan Laksan Kaito.

Laksan terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan belida, gabus, tenggiri, dan kakap. Tampilan laksan sangat mirip dengan lontong sayur karena disajikan dengan kuah santan.

Potongan laksan yang disiram kuah santan dengan campuran rempah dan cabai ini bisa bikin lidah kamu bergoyang!

Laksan Kaito yang berlokasi di Jalan Musyawarah, buka dari pukul 09.00 pagi, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat sarapan.

Burgo di Warung Aba

Burgo adalah makanan yang terbuat dari tepung beras. Sekilas, makanan ini mirip kwetiau,.tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dan disajikan dengan kuah santan pedas.

Burgo yang bertekstur yang kenyal ini akan lebih enak disantap jika ditambah potongan telur rebus. Kuahnya yang gurih dan kental akan menggugah selera kamu!

Untuk menikmatinya, kamu bisa berkunung ke Warung Aba yang berada di Jalan Dr. M. Isa.

Celimpungan di Warung Aba

makanan warung aba palembang
Warung Aba – Sumber: twitteer.com/pink_traveler

Masih di Warung Aba, jika kamu mencari kuliner berkuah lainnya, cicipilah celimpungan. 

Makanan ini berbahan dasar sagu dan ikan yang dibentuk bulat mirip bakso. Kuahnya terbuat dari santan berwarna kuning dan tidak pedas.

Makanan ini nikmat disajikan dengan potongan lontong, kerupuk ikan, dan bawang goreng.

Pindang Ikan Patin di RM Pindang Meranjat

Kuliner khas Palembang ini tidak kalah populer dari Pempek. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Palembang tanpa mencoba hidangan pindang ikan patin di Rumah Makan Pindang Meranjat.

Hidangan terdiri dari pindah yang dibumbui rempah-rempah. Proses memasaknya cukup rumit karena sang koki harus membuat bumbu pindang yang spesial.

Maka dari itu, tidak heran banyak wisatawan yang memburu makanan ini saat berkunjung ke Palembang.

Dengan banyaknya makanan berbahan dasar ikan, tidak salah jika Palembang disebut sebagai surganya wisata kuliner bagi pencinta ikan.

Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk menjajal semua tempat kuliner khas Palembang seperti yang telah disebutkan di atas ya!